Pemkab Terus Upayakan Ketersediaan dan Pendistribusian Elpiji Melon Tepat Sasaran

Pemkab Terus Upayakan Ketersediaan dan Pendistribusian Elpiji Melon Tepat Sasaran

Rapat koordinasi pastikan ketersediaan dan distribusi elpiji tiga kilogram agar tepat sasaran

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati Ketapang, Farhan membuka rapat koordinasi ketersediaan dan pendistribusian elpiji tiga kilogram yang diselenggarakan Bagian Ekbangsos Setda Kabupaten Ketapang, di lantai dua Ruang Rapat Bupati Ketapang, Senin (13/4/2021).

Dalam sambutannya, Wabup Farhan mengingatkan kepada pihak SPBE dan agen selaku penyalur LPG elpiji melon agar selalu memantau penyalurannya agar tepat sasaran. Hal itu disampaikan karena menurut dia sampai saat ini masyarakat masih mengeluhkan ketersediaan dan harga elpiji yang beredar di pangkalan serta di tingkat pengecer yang cukup tinggi.

Baca Juga :  Ruas Jalan Dalam Kota Dilebarkan, Warga Ketapang Apresiasi Kinerja Bupati

“Oleh karena itu saya meminta kepada SPBE agar bisa menambah kuota elpiji tiga kilogram, namun di sisi lain saya juga mendapatkan informasi bahwa masih banyak masyarakat kelas menengah atas dan tempat usaha yang masih menggunakan elpiji tiga kilogram,” kata dia.

“Terlebih lagi adanya oknum yang menjual elpiji tiga kilo ke daerah perdalaman dengan harga yang cukup tinggi serta ada juga yang menjualnya ke perusahaan-perusahan, yang mana ini sangat tidak sesuai dengan peruntukannya,” timpalnya.

Wabub juga berharap, melalui rapat koordinasi ini, agar semua pihak yang hadir bisa membuat komitmen dengan Pemerintah Daerah melalui Bagian Ekbang dan Dinas terkait untuk melakukan pemetaan masyarakat miskin dalam penyaluran elpiji tiga kilogram dari tingkat kecamatan hingga desa berdasar pada data lima agen penyalur yang beroperasi di Kabupaten Ketapang.

Baca Juga :  Plt Bupati Serahkan Bonus ke Kafilah Ketapang yang Berlaga di MTQ Kalbar XXVIII

“Pemetaan tersebut bisa kita mulai dari tingkat kecamatan, tingkat desa dan seterusnya dengan meminta data dari lima agen penyalur yang sudah beroperasi,” pungkas Wabub.

Adapun lima agen penyalur dimaksud adalah :

  1. PT. HLP (Harapan Lestari Pawan) dengan 65 pangkalan;
  2. PT. CTL (Cahaya Trideri Lestari) dengan 67 pangkalan;
  3. PT. KPK (Karya Putra Kayong) dengan 54 pangkalan;
  4. PT. SBAS (Sinar Biru Andalan Semesta) dengan 62 pangkalan;
  5. PT. DPE (Delta Pesona Elpiji) dengan 69 pangkalan.

Comment