by

Produk UMKM Tiga Daerah di Kalbar Dipamerkan di Malaysia

Produk UMKM Tiga Daerah di Kalbar Dipamerkan di Malaysia

KalbarOnline, Sambas – Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) daerah Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang, dan Kota Singkawang akan mengikuti pameran produk di Kuching, Serawak, Malaysia yang dikirim melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu (10/4/2021).

Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Restuardy Daud, mengatakan bahwa produk UMKM dari tiga daerah tersebut akan diserahkan kepada Konsul Jenderal (Konjen RI) di Kuching, Malaysia yang masuk dalam agenda kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2021.

“Agenda kelima dalam Gerbangdutas ini adalah menyaksikan penyerahan produk UMKM dari Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang, dan Kota Singkawang kepada Konjen RI di Kuching untuk selanjutnya dipamerkan atau dipromosikan di Kuching, Serawak, Malaysia,” ujar Restuardy.

Melalui keterangan tambahan dari Kepala PLBN Aruk, Purwoto, ini promosi produk UMKM pertama bagi Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang di Kuching, sedangkan bagi Kota Singkawang ini merupakan promosi kedua .

“Produk-produk yang ada di Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang, Kota Singkawang itu akan dipromosikan dan Kota Singkawang sudah pernah satu kali melakukannya. Ternyata berhasil dan disana animonya bagus, maka dari itu ini bisa jadi yang kedua untuk Kota Singkawang,” ungkap Purwoto.

Jika produk UMKM telah masuk di Kuching, maka produk akan langsung dipamerkan di galeri yang telah disediakan disana. Apabila produk UMKM banyak dinikmati oleh masyarakat maka pelaku usaha UMKM dari tiga daerah tersebut akan melebarkan distribusinya dengan melakukan ekspor, seperti yang telah dilakukan Kota Singkawang pada bulan Maret lalu.

Produk unggulan UMKM Kabupaten Sambas berdasarkan diskopukm.kalbarprov.go.id antara lain kerajinan bambu dan rotan, serta kain tenun atau songket. Sedangkan produk unggulan UMKM Kabupaten Bengkayang antara lain olahan makanan hasil laut, jamu herbal, dan olahan makanan.

Dikutip dari kemlu.go.id, produk UMKM Kota Singkawang yang akan dipamerkan di Kuching, Malaysia adalah berupa produk kerajinan tangan antara lain, kain songket, tikar anyaman, olahan makanan ringan dan minuman

Dengan adanya pameran produk UMKM di Kuching, Malaysia diharapkan dapat membantu mengenalkan produk lokal ke negara lain khususnya Malaysia yang memiliki pasar besar dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di ketiga daerah tersebut. Keberhasilan pameran produk UMKM nantinya dapat membuktikan bahwa produk dari wilayah perbatasan negara Indonesia juga mampu bersaing dengan produk negara tetangga.

Comment

News Feed