by

Midji Harap Pengembangan Temajuk Jadi Salah Satu Fokus Gerbangdutas

Midji Harap Pengembangan Temajuk Jadi Salah Satu Fokus Gerbangdutas

Paparkan Potensi Temajuk ke Menkopolhukam dan Mendagri

KalbarOnline, Sambas – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji berharap agar kawasan Wisata Temajuk yang terletak di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas itu dapat menjadi perhatian dalam Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (GERBANGDUTAS) tahun 2021.

Menurutnya, potensi wisata yang berbatasan darat langsung dengan negara Sarawak, Malaysia itu sangat besar. Berkelas dunia.

“Temajuk ini sangat besar potensi wisatanya. Pantainya 42 kilometer tanpa putus, dengan terumbu karang dan lobsternya. Ini menjadi salah satu tujuan wisata, justru yang mempromosikan Malaysia, kita harap ke depan kita sendiri (Pemerintah Indonesia) yang mempromosikan,” ujar Midji di hadapan Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian selaku Kepala BNPP dalam acara pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2021 di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (9/4/2021).

Dijelaskan Midji, dalam seminggu di masa sebelum pandemi, kawasan wisata Temajuk biasanya ramai dikunjungi wisatawan dari Malaysia. Bisa mencapai 2.000 hingga 3.000 orang. Tentu apabila dikelola dengan baik, akan menjadi sumber pendapatan di sektor pariwisata.

“Mudah-mudahan Gerbangdutas ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kalbar khususnya di Kabupaten Sambas,” tandasnya.

Adapun agenda utama dalam Gerbangdutas 2021 ini di antaranya pencanangan program kegiatan dan anggaran kementerian/lembaga tahun 2021, peresmian hasil pembangunan tahun 2020, koordinasi pelaksanaan Inpres nomor 1 tahun 2021, pembukaan pameran virtual komoditas daerah perbatasan tahun 2021, peninjauan penanganan kedatangan PMI dari Malaysia melalui PLBN Aruk dan peninjauan pembangunan terminal barang internasional.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkuat sinergi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam membangun kawasan perbatasan secara tepadu yang mengusung tema ‘percepatan pembangunan ekonomi di kawasan perbatasan negara dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional’.

Hal ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah saat ini dalam menghadapi pandemi covid-19 sekaligus mendorong agar semua pihak siap melompat pasca pandemi. Pencanangann Gerbangdutas ini dilakukan secara terbatas dan menggunakan virtual dengan undangan dan peserta yang hadir langsung maupun virtual antara lain pejabat kementerian/lembaga teknis baik anggota BNPP maupun kementerian/lembaga pelaksana teknis, kepala daerah di kawasan perbatasan, forkopimda dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar dan Pemerintah Kabupaten Sambas, pejabat pengelola perbatasan di lingkungan provinsi dan kabupaten/kota kawasan perbatasan.

Pencanangan Gerbangdutas 2021 yang dipusatkan di PLBN Aruk ini, dihadiri langsung oleh Menkopolhukam Mahfud MD, Mendagri selaku Kepala BNPP, Tito Karnavian, Bupati Sambas, Kementerian dan lembaga terkait, unsur forkopimda dan pihak terkait lainnya.

Comment

News Feed