Bupati Sis Pastikan Pemkab Kapuas Hulu Siap Kawal dan Awasi Pembangunan di Perbatasan

Bupati Sis Pastikan Pemkab Kapuas Hulu Siap Kawal dan Awasi Pembangunan di Perbatasan

Hadiri Pencanangan Gerbangdutas 2021 di PLBN Aruk

KalbarOnline, Sambas – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri kegiatan pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (GERBANGDUTAS) tahun 2021 di PLBN Aruk, Sambas, Jumat (9/4/2021).

Gerbangdutas sendiri merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2021 tentang Percepatan Pembanguan Ekonomi Pada Kawasan Perbatasan Negara termasuk di Kabupaten Kapuas Hulu.

Sis- sapaan akrabnya- menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu sangat mendukung adanya Gerbangdutas dengan memperhatikan kewewenangan yang sesuai dengan otonomi daerah. Dirinya mengharapkan dengan adanya Gerbangdutas akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemajuan di daerah perbatasan.

Baca Juga :  Baru 14 dari 32 Pasar di Kapuas Hulu yang Sumbang PAD
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan tampak sedang berbincang dengan Gubernur Kalbar, Sutarmidji sebelum dimulainya acara pencanangan Gerbangdutas 2021 di PLBN Aruk
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan tampak sedang berbincang dengan Gubernur Kalbar, Sutarmidji sebelum dimulainya acara pencanangan Gerbangdutas 2021 di PLBN Aruk (Foto: FD)

Orang nomor wahid di Bumi Uncak Kapuas ini turut menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu siap mengawal dan mengawasi pembangunan di perbatasan agar dapat memberi dampak maksimal bagi masyarakat.

Pembangunan daerah perbatasan merupakan bagian dari program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu yaitu mendorong percepatan pembangunan infrastruktur dan membangun Kapuas Hulu dari pinggiran.

Gerbangdutas diselenggarakan secara virtual dan dipusatkan di PLBN Aruk. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian, Gubernur Sutarmidji serta seluruh Kepala Daerah se-Provinsi Kalbar. Rangkaian kegiatan inti diawali dengan Laporan Sekretaris BNPP, dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Kalimantan Barat yang dilanjutkan dengan sambutan Menkopolhukam Mahfud MD selaku Ketua Pengarah BNPP.

Baca Juga :  Kementerian PUPR dan Pemkot Pontianak Bangun Toilet Warga Tuntaskan Persoalan Sanitasi

Kegiatan juga dirangkai dengan pencanangan Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan (PBWN-KP) 2021 dan Peluncuran Virtual Expo Komoditas Daerah Perbatasan. Acara selanjutnya Penandatanganan Prasasti Peresmian Hasil Kegiatan Tahun 2020, penanaman pohon, menyaksikan penyerahan produk UMKM oleh Bupati Sambas, Bupati Bengkayang, dan Wali Kota Singkawang kepada Konsulat Jenderal RI di Kuching Malaysia untuk dipromosikan di Malaysia.

Penjelasan singkat terkait Penanganan Pelintasan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia melalui PLBN di Kalbar oleh Danrem 121/Abw dan terakhir penjelasan singkat terkait Pembangunan Terminal Barang Internasional (TBI) oleh Kepala BPTD Wilayah XIV Kalbar (Kemenhub).

Comment