Kembangkan Aplikasi Asap Digital Pantau Karhutla Sekaligus Pelakunya

Kembangkan Aplikasi Asap Digital Pantau Karhutla Sekaligus Pelakunya

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan mengembangkan aplikasi asap digital dalam rangka memudahkan pemantauan sekaligus mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah setempat. Langkah ini juga sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.

“Aplikasi asap digital maksudnya seperti akan dipasang kamera pemantau, supaya bisa mengetahui secara pasti dan secepatnya merespon apabila ada Karhutla sehingga bisa dengan cepat memadamkan api agar tidak membesar,” kata Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji saat menghadiri Coffee Morning yang digelar Kejaksaan Tinggi Kalbar yang mengusung tema ‘pencegahan kebakaran hutan dan lahan’, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga :  Dukung Kegiatan Keagamaan, Sutarmidji Minta Umat Maksimalkan Fasilitas

Orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini mengatakan, terjadinya kebakaran lahan di Kalbar sangat tidak mungkin tanpa intervensi manusia. Sehingga dengan adanya alat asap digital diharapkan menjadi solusi yang tepat untuk mengetahui pelaku pembakaran itu.

“Kebakaran lahan yang terjadi tidak mungkin tanpa intervensi atau ulah dari tangan manusia, maka dari itu kita harus kembangkan aplikasi asap digital ini, karena aplikasi ini dapat mendeteksi pelaku dengan jelas dan bisa memfokuskan hingga sejauh empat kilometer, sehingga kita bisa mengetahui pelaku yang membakar lahan itu,” tegasnya.

Selain itu, dia menambahkan, bahwa aplikasi asap digital tersebut akan dipasang di beberapa wilayah, tetapi lebih difokuskan di wilayah sekitar bandara.

Baca Juga :  Kendati Pandemi, Ekonomi Kalbar Masih Tumbuh 4 Persen

“Aplikasi asap digital ini dipasang dan difokuskan di sekitar Supadio, karena Karhutla sering terjadi di situ, sehingga ke depannya bisa dicegah agar tidak mengganggu keselamatan penerbangan,” kata dia.

Sutarmidji berharap, agar kebakaran lahan ini dapat dicegah bersama-sama untuk menjaga kesinambungan usaha di sektor perkebunan dan demi menjaga kesehatan serta ekonomi bersama.

“Tentu kita tahu dampak dari kebakaran lahan ini sangat berbahaya dari segi apapun, saya berharap agar kebakaran lahan ini dapat dicegah bersama-sama. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati, demi menjaga kesehatan serta ekonomi bersama,” tandasnya.

Comment