Pemkab Ketapang Gelar Advokasi Kebijakan dan Pendampingan Pemenuhan Hak Anak

Pemkab Ketapang Gelar Advokasi Kebijakan dan Pendampingan Pemenuhan Hak Anak

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang melalui Asisten II Setda Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesra, Marwan Noor membuka kegiatan Advokasi Kebijakan dan Pendampingan Pemenuhan Hak Anak (PHA) pada Lembaga Pemerintahan, Non Pemerintahan dan Dunia Usaha Kewenangan Kabupaten/Kota, di hotel Aston Ketapang, Rabu (7/4/2021).

Dalam sambutannya, Marwan menyampaikan bahwa pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah mendesain dan mensosialisasikan sebuah sistem dan strategi pemenuhan hak-hak anak yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan mengembangkan kebijakan kabupaten atau kota layak anak.

Baca Juga :  Martin Rantan: Perkebunan Sawit Jadi Daya Ungkit Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

“Kebijakan kabupaten atau kota layak anak bertujuan untuk mensinergikan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha sehingga pemenuhan hak-hak anak Indonesia dapat lebih dipastikan,” jelasnya.

Dia menjelaskan, kebijakan tersebut merupakan implementasi dari tindak lanjut komitmen dunia melalui “Word Fit For Children” di mana Pemerintah Indonesia juga turut mengadopsinya.

Dijelaskan dia, ada 24 indikator kota layak anak yang didasarkan pada substansi hak-hak anak yang dikelompokkan menjadi lima kluster hak anak yaitu hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya serta perlindungan khusus.

Baca Juga :  SPBU Ketapang Mandiri Tetap Buka Saat Lebaran

Dirinya berharap penguatan koordinasi para stakeholder dapat terus ditingkatkan dan terus melakukan koordinasi secara rutin karena anak adalah investasi di masa yang akan datang.

“Menjadi kewajiban kita bersama untuk menjadi anak lebih berkualitas sehingga mereka akan menjadi modal pembangunan dan peran seluruh pemangku kepentingan pemerintah, masyarakat dan dunia usaha harus bahu membahu untuk dapat mewujudkannya,” pungkasnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Forkopimda, perwakilan OPD, narasumber undangan dan lainnya.

Comment