by

Midji Targetkan 70 Persen Jalan Kondisi Mantap Akhir 2021

Midji Targetkan 70 Persen Jalan Kondisi Mantap Akhir 2021

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menargetkan 70 persen jalan provinsi dengan kondisi mantap di akhir tahun 2021 ini. Di mana, kata Midji, ada sekitar 1.500 kilometer jalan provinsi dan jembatan yang harus dipelihara dan dibangun ulang. Hal itu disampaikan Sutarmidji kepada wartawan usai membuka Musrenbang RKPD Provinsi Kalimantan Barat tahun 2022, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (7/4/2021).

“Saya harap, akhir masa jabatan saya dan Pak Ria Norsan itu tercover betul-betul 85 persen jalan kondisi mantap. Dan itu real, bukan data untuk meningkatkan tampilan, tapi data real. Akhir tahun ini Insya Allah bisa sampai 68-70 persen,” ujarnya.

Sementara untuk tahun 2022, pihaknya menargetkan 80 persen jalan dengan kondisi mantap terbangun. Target itu menurutnya bisa tercapai jika tak ada hambatan dan lain hal.

“Tahun 2022 kalau kita bisa anggarkan lebih dari Rp1 triliun untuk infrastruktur jalan dan jembatan, maka bisa mencapai sekitar 80 persenan,” kata dia.

Dijelaskan Midji, untuk tahun 2021 dan tahun 2022 ini, pihaknya menggelontorkan anggaran sebesar Rp1,4 triliun lebih untuk pembangunan infrastruktur. Sehingga bukan lagi jadi prioritas, melainkan menjadi fokus.

“Saya maunya fokus. Itu seperti arahan Presiden, jangan dibagi-bagi, tapi harus fokus, kalau perlu beberapa dinas yang tidak penting, hanya operasional tertentu saja. Yang lainnya difokuskan ke infrastruktur,” kata Midji.

Infrastruktur yang baik, kata dia, tentu akan ada percepatan perhubungan antara satu daerah ke daerah lain dengan biaya yang hemat. Sebab, tegas Midji, kelancaran transportasi merupakan kunci pertumbuhan ekonomi.

“Saya minta perkebunan dan pertambangan juga ikut merawat jalan yang sudah kita bangun, jalan yang belum kita bangun supaya dibuat fungsional. Untuk mereka juga, kelancaran transportasi itu kunci dari pertumbuhan ekonomi, kemajuan daerah,” tandasnya.

Comment

News Feed