Selain Binter, Babinsa Senaning Cek Patok Perbatasan RI-Malaysia

Selain Binter, Babinsa Senaning Cek Patok Perbatasan RI-Malaysia

KalbarOnline, Sintang – Selain tugas sehari-hari melakukan pembinaan teritorial (Binter) kemasyarakatan di wilayah binaan, Babinsa juga memiliki tugas-tugas meliputi mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi dan potensi nasional di wilayah kerjanya. Untuk itu, Babinsa Sungai Kelik, Koramil 1205-05/Senaning, melaksanakan pengecekan patok perbatasan RI-Malaysia di Desa Sungai Kelik, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Senin (5/4/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan, guna menciptakan keamanan patok perbatasan dan menjaga keutuhan serta kedaulatan NKRI sekaligus mengecek lokasi pembangunan Pos baru yang nantinya di tempati Pos Satgas Pamtas.

Baca Juga :  Lintas Etnis dan Agama di Kalbar Sepakat Jaga Keberagaman dan Tolak Aksi Anarkis

Diungkapkan, Serda Yosua, Babinsa Sungai Kelik, dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, salah satu tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya adalah mengamankan wilayah perbatasan.

Selanjutnya Serda Yosua mengatakan, bahwa salah satu bentuk implementasi mengamankan wilayah perbatasan yaitu dengan melaksanakan patroli patok. Namun disamping itu kami juga melaksanakan pengecekan pembangunan Pos Pamtas.

Baca Juga :  Jokowi Tinjau Pembangunan Tanggul Pengendali Banjir di Kampung Ladang Sintang

Serda Yosua menambahkan, kalau dilihat dari peta menuju patok tempat Pos Satgas nantinya tidak terlalu jauh hanya sekitar 5 KM. Namun apabila ditempuh, jarak dari Koramil Senaning ke patok sekitar 33 KM.

“Medan yang dilalui lumayan berat dan bervariasi, didominasi bebatuan dan tanjakan. Karena daerah patok ini adalah daerah perbukitan, sehingga membutuhkan mental yang kuat dan kondisi fisik yang prima,” jelas Serda Yosua mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)

Comment