Pesan Wabup Ketapang Saat Hadir di Wisuda Tahfidz TPQ Tilawatil Quran Angkatan ke-2

Pesan Wabup Ketapang Saat Hadir di Wisuda Tahfidz TPQ Tilawatil Quran Angkatan ke-2

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri wisuda tahfidz Quran Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Tilawatil Quran angkatan ke-2 yang dilangsungkan di Aula Dinas Pertanian, Minggu (4/4/2021).

Wabub berujar, wisuda santri TPQ mempunyai arti penting membentuk kepribadian anak dalam kehidupan beragama, karena TPQ merupakan salah satu tempat mendidik dan membina anak untuk memperdalam isi kandungan Alquran.

“Membaca Alquran tidak saja merupakan ibadah, tetapi diharapkan anak dilatih untuk memahami dan mengamalkannya,” ungkap Wabub.

Dia menambahkan, kini, TPQ telah tumbuh dan berkembang hingga di desa-desa sebagai peningkatan dari cara pengajaran membaca Alquran.

“Bangsa kita memang memerlukan generasi muda yang maju dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi kemajuan harus diimbangi dengan pengetahuan di bidang keagamaan,” ujarnya.

Baca Juga :  Demi Miras, Dua Pemuda di Ketapang Bawa Kabur Motor Imam

Wabub pun mengaku senang, sebab setiap tahun jumlah santri TPQ yang diwisuda semakin bertambah. Ini menunjukkan bahwa kesadaran orang tua dalam memberikan pendidikan agama kepada anak-anaknya sudah menjadi kebutuhan.

“Peran serta orang tua sangat penting dalam upaya meningkatkan pendidikan agama, karena pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan guru, melainkan juga menjadi tanggung jawab bersama orang tua dan masyarakat,” jelasnya.

Dirinya berpesan kepada anak-anak agar taat dan patuh kepada pemimpin guru dan orang tua serta terus meningkatkan prestasi belajar sehingga menjadi anak yang sholeh dan sholeha.

“Untuk itu saya ucapkan selamat kepada anak-anakku yang pada hari ini melaksanakan wisuda,” tambah Wabub.

Baca Juga :  Sekda Farhan Ajak Masyarakat Ketapang Gemar Makan Ikan

Sementara itu, pimpiman TPQ Tilawatil Quran, Ustadz Dedy Susanto mengatakan, wisuda Tahfidz Quran ini diikuti oleh 34 santri mulai dari tingkat TKA, TPA, TQA.

“Wisuda Tahfidz Quran Juz 30, serta 2 juz baik tingkat KA, TPA, dan TQA yang diikuti sejumlah 34 santri di tingkat TKA sebanyak 7 santri, tingkat TPA sebanyak 18 sentri, tingkat TQA 1 juz 10 santri dan 2 juz sebanyak 2 orang santri,” paparnya.

Dia berpesan agar santri menjaga hafalan dan lanjutkan menghafal juz dalam Alquran. Ilmu yang didapat dapat diajarkan ke adik adik dan teman teman yang lain.

“Jaga baik diri keluarga dan nama baik sekolah di manapun berada,” pungkasnya.

Comment