Upaya Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi

Upaya Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi

Sekda Kapuas Hulu Resmikan Pujasera Dua

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini meresmikan Pusat Jajanan Selera Rakyat (Pujasera) Dua di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Selasa (30/3/2021).

Sekda berharap pujasera dua ini bisa berkembang untuk kesejahteraan masyarakat dan PAD Kapuas Hulu. Pembangunan pujasera adalah upaya Pemerintah Daerah Kapuas Hulu dalam rangka mengupayakan pertumbuhan ekonomi.

“Pandemi sangat berpengaruh untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Jadi penyediaan kuliner sangat penting dan itu dapat diupayakan dari pujasera ini,” paparnya.

Sekda menghimbau partisipasi pedagang dalam hal kebersihan, sehingga dapat dipromosikan kepada pengunjung dan wisatawan. Kemudian jaga baik-baik fasilitas yang sudah disiapkan pemerintah.

“Pujasera ikon kuliner, ini harus didukung OPD untuk turut mempromosikan dengan cara membawa tamu-tamu ke sini,” ujarnya.

Sekda juga mengajak masyarakat, khususnya kaula muda dan sosialita untuk mempromosikan pujasera.

“Kami sangat berharap kaula muda, bisa bantu promosi medsos terkait pujasera untuk nikmati kuliner disini,” kata dia.

Hal lain yang ditegaskan Sekda adalah agar Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perdagangan turut memperhatikan Pujasera Dua. Pengelolaan sampah dan manajemen pedagang harus berjalan baik.

“Dinas LH saya minta ini juga jadi perhatian. Kemudian Dinas Perdagangan terus pantau dan kembangkan hal yang diperlukan,” tandasnya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh, menuturkan bahwa pujasera dua sebelumnya pernah tertimpa musibah kebakaran. Pasca kejadian tersebut dinasnya berupaya untuk mengusulkan pembangunan ulang.

“Tanggal 3 juli 2013 di pujasera dua ini terjadi kebakaran. Kami berusaha ajukan usulan ke Kementerian Koprasi dsn UKM dan tahun 2017 ada bantuan dana TP 400an juta,” paparnya.

BACA JUGA:  Buka Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, Bupati Minta Panwaslu Juga Sosialisasikan ke Tingkat Kecamatan

Setelah selesai dibangun dan diserah ke Pemda Kapuas Hulu, DKUP melanjutkan pembangunan dan selesai sehingga hari ini bisa diresmikan.

“Pedagang harus punya komitmen kuat untuk berdagang kuliner,” ujarnya.

Cahirul berharap usaha para pedagang bisa berkembang di Pujasera dua. Ia juga berharap agar pedagang menjaga kekompakan sesama pedagang pasalnya ada 25 pelaku usaha mikro.

“Tentu tidak semua selalu laris namu harus kompak. Jangan sampai sudah kontrak dialih ke orang lain, ini rawan memunculkan permasalahan,” tegasnya.

Pujasera memang pusat perekonomian rakyat untuk bertahan dimasa pandemi. Disini kita harapkan nanti bisa jadi daya tarik kunjungan dari wisatawan luar daerah.

“Kita juga harap ini jadi sumber PAD,” pungkasnya.

Comment