Satgas Pamtas Yonif 407 Amankan PMI yang Hendak Kerja di Malaysia Lewat Jalur Tikus

Satgas Pamtas Yonif 407 Amankan PMI yang Hendak Kerja di Malaysia Lewat Jalur Tikus

KalbarOnline, Sintang – Meski dinyatakan lockdown, tidak menyurutkan niat tiga orang pekerja migran Indonesia (PMI) untuk bekerja di Malaysia, untuk itu, Satgas Pamtas Yonif 407/Padma Kusuma mengamankan ketiga orang PMI tersebut di jalur tidak resmi sepanjang perbatasan RI-Malaysia sektor timur, Kalimantan Barat.

Dari hasil pemeriksaan ketiga orang tersebut akan bekerja di negeri jiran, diantaranya AK (31) warga Desa Sebetung Palu, Kecamatan Ketungau Hulu, AS (26) warga Desa Batu Bui, Kecamatan Belimbing dan AB (34) warga Desa Kapuas Kanan Hulu, Kecamatan Sintang.

Baca Juga :  Mengenai APBD Perubahan 2017, Ini Penjelasan Bupati Sintang

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan di Pos Kotis Badau, Kapuas Hulu, Selasa (30/3/2021).

Ketiga orang pekerja migran tersebut berasal dari Sintang. Dua orang PMI tersebut diamankan oleh Pos Koki Sei Beruang dan satu orang PMI diamankan oleh Pos Sei Kelik pada saat melaksanakan Patroli Keamanan dijalur tikus wilayah perbatasan.

“Dari hasil pemeriksaan, ketiga pekerja migran beralasan hendak bekerja di Malaysia,” kata Dansatgas.

Baca Juga :  Salah Seorang Peserta GGD Harap Pola Rekrutmen Dievaluasi Agar Putra-Putri Daerah Bisa Turut Serta

“Satgas Pamtas memiliki tugas dan tanggung jawab menjaga dan mengamankan wilayah perbatasan serta mencegah segala kegiatan lalu lintas barang maupun orang yang tidak dilengkapi dokumen. Sebagai garda terdepan disepanjang perbatasan RI-Malaysia Sektor Timur, kami akan terus mempeketat penjagaan dan pengawasan dijalur-jalur tidak resmi,” kata dia.

“Saat ini ketiga PMI Non Prosedural tersebut sudah diserahkan kepada Perangkat Desa setempat untuk penanganan lebih lanjut, serta diberi pemahaman untuk tidak melintasi perbatasan melalui Jalur Non Prosedural,” ungkap Dansatgas mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)

Comment