Dialog Kebangsaan di Air Upas, Wabup Ketapang Ajak Masyarakat Peka Gejala Ekstrimisme di Sekitar

Dialog Kebangsaan di Air Upas, Wabup Ketapang Ajak Masyarakat Peka Gejala Ekstrimisme di Sekitar

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri peletakan batu pertama Sekretariat MWC NU dan dialog kebangsaan yang mengusung tema “Merajut Semangat Kebangsaan”, di Kecamatan Air Upas, Senin (29/3/2021).

Dalam pembukanya, Wabup mengajak seluruh peserta untuk flashback, bagaimana Negara Indonesia bisa meraih kemardekaan.

Wabup menjelaskan bagaimana Kemerdekaan diraih dengan sebuah perjuangan, pengorbanan tanpa memandang suku, ras, kulit, dan agama. Menurutnya, semua anak bangsa berjuang bersama merebut kemardekaan.

Baca Juga :  Banjir, Warga Gotong Royong Bangun Jalan Darurat di Jalan Rp14 Miliar

“Bhineka Tunggal Ika itu menjadi hal yang prinsif, sebagai pondasi bangsa ini. Makanya pondasi bangsa itu ada 4, yaitu Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, ke empat itu, setelah kita pegang semua itu, lahirlah NKRI. Sejarah sudah mencatat itu,” ujar Wabup.

Selain itu, melalui dialog tersebut, Wabup juga mengimbau seluruh pihak untuk peka terhadap lingkungan sekitar, khususnya terhadap aliran atau keyakinan yang ekstrim, yang dapat menimbulkan gejolak di masyarakat.

Baca Juga :  Wabup Farhan Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al-Muhajirin

“Misal, sebelah rumah ini kita sudah tahu ada paham yang salah, dibiarkan, tidak peduli. Dari sejak awal kita harus merespon, melihat tingkah laku tetangga yang agak berbeda, itu harus segera dilakukan pembahasan, diinfokan ke aparat pemerintah, di Kecamatan Air Upas ini ada Camat, sektor kepolisian, ada babinsa, tokoh masyarakat, adat, agama,” pungkas Wabub.

Comment