Kilang Minyak Pertamina di Balongan Kebakaran

Kilang Minyak Pertamina di Balongan Kebakaran

KalbarOnline, Nasional – Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, kebakaran. Kabid Damkar Indramayu Joni Takarasel mengatakan kebakaran mulai terjadi sekitar pukul 00.30 WIB.

“(Kebakaran) jam 12 lebih, setengah 1-lah,” ujar Joni saat dihubungi seperti dilansir KalbarOnline dari Detikcom, Senin (29/3/2021).

Joni mengatakan pihaknya saat ini baru mengirimkan lima unit mobil damkar. Hal itu dilakukan karena pihak Pertamina sudah memiliki unit damkar sendiri.

“Jadi begini, kalau Pertamina atau perusahaan besar itu udah punya banyak (unit damkar). Sehingga kami hanya bantuan, ring dua, begitu. Kami menyiapkan lima mobil,” katanya.

Baca Juga :  Sisa Dua Tanki Pertamina di Kilang Balongan yang Belum Berhasil Dipadamkan

Meski demikian, pihaknya saat ini belum banyak melakukan tindakan. Tim damkar masih menunggu bahan bakar yang terbakar itu habis.

“Nanti pemadamannya setelah BBMnya berkurang, kalau berkurang kita tembak (air), karena kondisi BBM lagi penuh api lagi membesar ditembak itu tidak akan efektif,” ucapnya.

Menurutnya, api saat ini masih menyala. Namun, kondisinya sudah mulai dapat dikendalikan.

“Masih menyala, memang sepertinya BBM yang di sana sudah berkurang,” katanya.

Baca Juga :  Jangan Sampai Ada Klaster Covid-19 dari Pilkada, Ayo Patuhi 3M

Lebih lanjut, Joni mengaku tidak mengetahui secara pasti jumlah kilang minyak yang terbakar. Sebab, dirinya saat ini masih berada di luar area Pertamina Balongan yang terbakar.

“Sebetulnya saya tidak tahu, tapi kalau dilihat dari luar cuma satu. Penyebabnya belum, artinya kita tidak mau berandai-andainya, untuk penyebabnya nanti setelah penyemprotan, kemudian pendinginan baru kita investigasi,” katanya.

Joni memastikan api tidak menjalar ke area permukiman warga. “Aman, aman,” imbuhnya.

 

Comment