by

Buka Rapat Kerja Perangkat Daerah, Bupati Kapuas Hulu Minta OPD Inovatif

Buka Rapat Kerja Perangkat Daerah, Bupati Kapuas Hulu Minta OPD Inovatif

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membuka forum perangkat daerah dalam rangka sinkronisasi antara usulan program/kegiatan prioritas hasil Musrenbang kecamatan tahun 2021, rencana kerja perangkat daerah tahun 2022 dan hasil reses anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu di Gedung DPRD Kapuas Hulu, Senin (29/3/2021).

Forum perangkat daerah merupakan bagian dari tahapan penyusunan perencanaan pembangunan daerah untuk menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan yang dituangkan dalam rencana kerja atau renja perangkat daerah yang bermuara pada rencana kerja pembangunan daerah atau RKPD dan rancangan anggaran pendapatan belanja daerah atau RAPBD.

Bupati menyampaikan bahwa harus menghitung dengan cermat penggunaan sumber daya pembangunan secara efektif khususnya sumber daya anggaran.

“Setiap anggaran pembiayaan yang kita keluarkan sebagai belanja pemerintah daerah harus diperhitungkan capaian output dan outcome-nya secara akurat, sehingga bisa memberikan manfaat dan dampak yang besar untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu,” tegasnya.

Bupati menekankan supaya setiap perangkat daerah harus mengambil langkah-langkah yang inovatif, untuk mendapatkan tambahan sumber pembiayaan pembangunan lain, seperti melalui APBD Provinsi, APBN, menggalang dukungan dari tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan maupun dukungan dari para mitra pembangunan lainnya.

Bupati juga mengingatkan untuk mempertimbangkan dan menyelaraskan usulan dengan sasaran pembangunan serta prioritas pembangunan tahun anggaran 2022 yang diarahkan pada peningkatan pembangunan infrastruktur, SDM, ekonomi unggulan masyarakat untuk percepatan pemulihan ekonomi daerah menuju Kapuas Hulu Hebat.

Comment

News Feed