Menkop UKM Nilai Produk UMKM Sekadau Berpotensi Masuk Pasar Global

Menkop UKM Nilai Produk UMKM Sekadau Berpotensi Masuk Pasar Global

KalbarOnline, Sekadau – Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Republik Indonesia, Teten Masduki mengatakan, banyak produk UMKM di Sekadau yang sudah cukup bagus, dengan beberapa produk yang terindikasi sudah bisa masuk ke pasar global.

Hal itu disampaikan saat kunjungan kerja Menkop UKM di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Sabtu (27/3/2021).

Dalam kesempatan itu, Menkop UKM didampingi Plh. Bupati Sekadau, Frans Zeno dengan melakukan beberapa agenda kegiatan, yang diawali dengan meninjau serta meresmikan Gedung UMKM Centre, dan penandatanganan prasasti oleh Menkop dan UKM, yang disaksikan oleh seluruh tamu undangan.

“Sebenarnya sudah ada dana alokasi khusus (DAK) untuk pengembangan UMKM di sini, saya kira ini akan kita kembangkan terus” kata Teten.

Selanjutnya, kata dia, dalam hal ini termasuk pada pendidikan maupun pelatihan untuk pengembangan produk-produk lainnya dapat dipusatkan pada UMKM Centre ini.

“Produk yang berpotensi untuk pasar nasional dan global di sini, salah satunya adalah produk dari anyaman dengan bahan dasar rotan,” ungkap Teten.

Selain itu, produk olahan pisang dari pisang kepok. “Saya kira di sini adalah gudangnya, serta beras hitam, ini yang sangat berpotensi untuk dapat terus dikembangkan,” tandas dia.

Setelah meresmikan Gedung UMKM Centre, Menkop UKM beserta rombongan menghadiri kegiatan Rapat Anggota Tahunan CU Keling Kumang Tahun Buku 2021.

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau Taman Kelempiau di Desa Tapang Semadak, K52 Mart, serta Institut Keling Kumang, dan diakhiri dengan ramah tamah di SMK Keling Kumang. (Mus)

BACA JUGA:  Pontianak Zona Merah Covid, Ini Warning Gubernur Kalbar

Comment