by

Jadikan Pontianak Destinasi Sport Tourism

Jadikan Pontianak Destinasi Sport Tourism

KalbarOnline, Pontianak – Banyak potensi dimiliki Kota Pontianak yang bisa dikembangkan menjadi daya tarik wisata. Satu diantaranya sebagai destinasi wisata olahraga sepeda. Sebagaimana beberapa waktu lalu Wali Kota Bogor, Bima Arya yang juga selaku Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mengaku senang saat bersepeda di ruas jalan Kota Pontianak karena trek yang dilalui rata dan udaranya masih segar. Bahkan dirinya merasa belum puas lantaran rute yang ditempuh terbilang singkat.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak akan berkolaborasi dengan pehobi sepeda agar Kota Pontianak khususnya dan Provinsi Kalbar umumnya menjadi satu diantara destinasi sport tourism terutama balap sepeda atau turing.

“Kita akan melaksanakan event-event bekerjasama dengan penggiat sepeda supaya masyarakat semakin semangat berolahraga,” ujarnya sesaat sebelum melepas peserta Touring Sepeda Kalbar Cycling Marathon 2021 di Taman Sepeda Untan, Sabtu (27/3/2021).

Apalagi, lanjut Edi, di tengah pandemi Covid-19 ini, bukan tidak mungkin sport tourism bisa menjadi motor penggerak sektor pariwisata di Kota Pontianak. Oleh sebab itu, ia berharap event-event olahraga sepeda bisa digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Untuk itu harus ada inovasi dan kreativitas bagaimana mengemas event tersebut menjadi daya tarik wisatawan,” ungkapnya.

Edi mengajak masyarakat untuk menjadikan aktivitas bersepeda sebagai bagian dari gaya hidup. Ia pun berkomitmen mewujudkan Pontianak sebagai kota yang ramah sepeda. Diantaranya menyediakan jalur sepeda di beberapa ruas jalan serta taman sepeda.

“Tentunya dengan bersepeda, selain baik bagi kesehatan, juga untuk meningkatkan kualitas lingkungan karena mengurangi polusi udara,” ucapnya. (Jau)

Comment

News Feed