Bupati Muda Optimis Kubu Raya Pertahankan Opini WTP

Bupati Muda Optimis Kubu Raya Pertahankan Opini WTP

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyerahkan Laporan Keuangan Unaudited Tahun Anggaran 2020 kepada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat yang diterima langsung oleh Kepala BPK perwakilan Kalbar, Rahmadi di Kantor BPK Kalbar, Selasa (23/3/2021). Acara penyerahan yang didahulu dengan penandatanganan berita acara serah terima ini dilangsungkan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dalam sambutannya, Bupati Muda menyampaikan kesiapan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk dilakukan pemeriksaan oleh BPK. Dia berharap, pemeriksaan yang dilakukan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Dia pun optimis, Pemkab Kubu Raya dapat mempertahankan pencapaian opini tertinggi dari BPK yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) seperti tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Bentuk Pokja, Pemkab KKR Optimis Masalah Penyaluran DD dan ADD Teratasi

Sementara Kepala BPK perwakilan Kalbar, Rahmadi mengatakan, dengan telah diterimanya LK unaudited dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, BPK akan menindaklanjutinya dengan menugaskan tim pemeriksa untuk melaksanakan pemeriksaan dalam rangka memberikan opini atas kewajaran penyajian laporan keuangan dan menyerahkannya kepada entitas selambat-lambatnya dua bulan setelah LKPD unaudited diterima BPK.

Hal ini tegas dia, sesuai dengan Undang-Undang nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara Pasal 17 Ayat (2).

Dia juga mengharapkan kerjasama dari pemerintah daerah saat tim pemeriksa berada di lapangan jangan sampai tidak ada komunikasi sehingga dapat menimbulkan kesalahpahaman dari pemeriksa hanya karena informasi yang tidak tersampaikan. Rahmadi turut berpesan agar selalu menjunjung tinggi nilai-nilai integritas saat pemeriksaan berlangsung.

Baca Juga :  Peran Strategis Camat, Muda: Harus Banyak Ide dan Gagasan Inisiatif

Di kesempatan yang sama, Kepala BPK perwakilan Kalbar juga menerima laporan keuangan Unaudited Tahun Anggaran 2020 Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, yang diserahkan langsung oleh Bupati Fransiskus Diaan.

Turut hadir dalam acara penyerahan ini, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu H. MOHD. ZAINI Plt. Kepala BPKAD Kapuas Hulu, Azmi, Inspektur Kubu Raya, H.Y. Hardito, Kepala Subauditorat Kalbar I, Lukman R. Lumbantobing, Kepala Subauditorat Kalbar II, Yudi Prawiratman, Kepala Sekretariat Perwakilan, Aan Hayatullah serta Ketua Tim Pemeriksaan Interim dari kedua entitas tersebut.

Comment