Pemkab Kubu Raya Kekurangan SDM Lantaran Banyak PNS Pensiun

Pemkab Kubu Raya Kekurangan SDM Lantaran Banyak PNS Pensiun

KalbarOnline, Kubu Raya – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kubu Raya menyatakan masih kekurangan tenaga Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal tersebut disebabkan banyaknya jumlah pensiunan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

Kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Angkatan 27 dan 28, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, masyarakat memerlukan PNS yang berkompeten terutama menghadapi kekurangan sumber daya manusia dalam menyikapi banyaknya jumlah penduduk di Kubu Raya.

“Tentunya dengan langkah-langkah yang bersifat inovasi, progresif, serta inisiatif dapat diperkuat melalui partisipasi masyarakat. Walaupun disektor pendidikan ada kekurangan guru, namun ada program-program pemerintah yang menutupi kekurangan tersebut, seperti program sekolah penggerak dan guru penggerak,” ucap Bupati Muda Mahendrawan ditemui usai menghadiri kegiatan pelatihan dasar CPNS di Hotel Dangau, Senin (22/3/2021).

Baca Juga :  Giliran Lapas Ketapang Gagalkan Upaya Penyelundupan Sabu ke Dalam Lapas

Bupati Muda menuturkan, dengan filosofi kepung bakol inilah segala kekurangan dapat dimaksimalkan. Terutama saat ini yang berpotensi dievalusi melalui kinerja yang menghasilkan prestasi serta diharapkan mendapat nilai tambah.

“Jangan menjadi PNS yang suka curhat sana, curhat sini. Apalagi terlalu banyak mengeluhkan, yang berimbas kepada penilaian masyarakat. Sehingga masyarakat menjadi bingung kok PNS yang curhat harusnya rakyat yang curhat ke PNS,” tegas Bupati.

Sementara Kepala BKPSDM Kubu Raya, M. Noh Syaiman menyampaikan bahwa para peserta yang ikut pelatihan dasar CPNS saat ini berjumlah 80 orang yang rencananya akan ditambah sesuai kebutuhan penerimaan di lingkungan pemerintah Kubu Raya.

Baca Juga :  Bersama Ombudsman, Pemkab Kubu Raya Berikan Pemahaman Penggunaan Dana Desa

“Masih kurang banyak kita. Apalagi pegawai kita sudah banyak yang pensiun, sedangkan di tahun ini saja ada 200 orang yang akan pensiun,” terangnya.

Syaiman berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan dasar tersebut dengan seksama terutama menjadi seorang PNS sejati, serta berdedikasi tinggi terhadap pelayanan masyarakat.

“Seperti yang telah disampaikan Pak Bupati tadi. Kita berharap semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini karena apabila dalam perjalanan ada satu, dua, atau tiga hari tidak mengikuti dianggap gugur,” jelasnya. (ian)

Comment