Windy Optimis Vaksinasi Covid-19 Bangkitkan Sektor Pariwisata Kalbar

Windy Optimis Vaksinasi Covid-19 Bangkitkan Sektor Pariwisata Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 321 pelaku usaha pariwisata di Provinsi Kalimantan Barat menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama, Rabu (17/3/2021).

“Hari ini yang divaksin ada 321 orang pelaku usaha pariwisata,” ujar Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kalbar, Windy Prihastari.

Vaksinasi Covid-19 terhadap pelaku usaha pariwisata ini ditegaskan Windy, sebagai upaya membangkitkan dan memulihkan sektor pariwasata Kalbar yang turut terdampak pandemi Covid-19. Meski sudah menjalani vaksinasi, Windy berpesan kepada seluruh pelaku usaha pariwisata di Kalbar untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Windy Optimis Vaksinasi Covid-19 Bangkitkan Sektor Pariwisata Kalbar 2

“Kita optimis pariwisata Kalbar akan kembali pulih. Setelah divaksin ini harus tetap disiplin terhadap protokol kesehatan, bukan malah kendor. Surat Edaran Gubernur yang sudah kita sampaikan ke kabupaten/kota adalah SOP pelaksanakan protokol kesehatan di setiap destinasi di Kalbar. Ditambah dengan adanya vaksinasi ini semoga para pelaku usaha pariwisata Kalbar ini terus semangat,” imbuhnya.

Baca Juga :  Anggota TNI yang Bunuh Tunangannya Dituntut Penjara Seumur Hidup

Pelaksanaan vaksinasi terhadap pelaku usaha pariwisata sendiri akan dilakukan dalam beberapa tahap. Di mana, berdasarkan data yang didapat Disporapar Kalbar dari PHRI, ASITA dan HPI, ada sekitar 1500 pelaku usaha pariwisata. Pada pelaksanaan vaksinasi terhadap para pelaku usaha pariwisata ini dilaksanakan bersamaan dengan vaksinasi terhadap 110 atlet, pelatih maupun asisten pelatih yang akan berangkat pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.

“Nanti akan terus didata lagi, karena data yang sudah masuk ada sekitar 1500-an pelaku usaha pariwisata. Sedangkan untuk atlet, kita dahulukan atlet yang akan berangkat pada pelaksanaan PON di Papua untuk penyuntikan tahap pertama,” kata Windy.

Baca Juga :  Capai Target Vaksinasi Covid-19, Kades dan Camat di Ketapang Bakal dapat Reward

Vaksinasi menjadi salah satu faktor yang membuat Kalbar optimis menyambut wisatawan, baik lokal maupuan wisatawan dari negara tetangga seperti Malaysia. Selain pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 di tempat-tempat wisata, vaksinasi terhadap pelaku usaha pariwisata dinilai penting. Dengan demikian, para pelaku usaha bisa lebih optimis bahwa industri pariwisata bisa bangkit.

Dengan telah dilaksanakan vaksinasi bagi pelaku usaha pariwisata sekaligus dapat meyakinkan wisatawan untuk datang ke Kalbar. Seperti diketahui Kalbar sendiri memiliki banyak destinasi wisata unggulan, mulai dari pantai, danau, riam dan gunung. Selain itu, jika industri pariwisata di Kalbar sudah berjalan dengan baik, Windy berharap bisa berdampak pada peningkatan perekonomian di daerah ini.

Comment