Wabup Farhan Harap NU Ketapang Tetap Konsisten

Wabup Farhan Harap NU Ketapang Tetap Konsisten

KalbarOnline, Ketapang – Rangkaian kegiatan peringatan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-95 di Kabupaten Ketapang resmi ditutup, Minggu (7/3/2021). Penutupan ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Ketapang, Farhan.

Dalam sambutannya, Farhan atas nama pribadi dan pemerintah Ketapang mengucapkan selamat Harlah NU ke-95. Dia juga memberi penghargaan setinggi-tingginya kepada NU atas jasa, pengorbanan dan pengabdian, baik sebelum kemerdekaan hingga pada masa pembangunan dewasa ini.

“Semua itu tidak dapat dipungkiri dan telah tercatat dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Kita menyadari betul bahwa semangat perjuangan dan pengabdian NU selama ini sudah tidak perlu diragukan,” ujarnya.

Dia mengatakan, selama ini NU selalu konsisten menjadi garda terdepan membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai persoalan bangsa dan negara.

Begitu pun sikap, pandangan dan tekad NU, menurutnya telah menjadi inpsirasi dan sebagai tauladan bagi masyarakat, terutama dalam menegakkan empat pilar kehidupan bernegara yaitu Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

Lebih lanjut, dalam hal keagamaan, NU selalu memiliki sikap yang jelas dan tegas bahwa begitu pentingnya negara kebangsaan yang berketuhanan, bukan negara agama dan juga bukan negara sekuler.

Baca Juga :  Kampanyekan Sekolah Sehat, Pemkab Ketapang Gelar Seminar UKS

Menurut beliau, sikap dan pandangan seperti itulah yang kemudian memposisikan NU sebagai organisasi bersifat moderat, toleran, anti kekerasan, anti terorisme dan separatisme.

“Ini menunjukkan suatu keteladanan dan kepeloporan Nahdlatul Ulama dalam memahami dan menjalankan ajaran islam yang benar, yaitu membumikan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam,” ungkap Wabup.

Di akhir sambutan, Beliau mengajak kepada pengurus dan warga NU di Kabupaten Ketapang untuk terus meningkatkan kerja sama yang baik dengan Pemerintah Ketapang.

Wabub berharap, NU mendukung penuh terhadap kebijakan dan program pemerintah yang nyata-nyata bermanfaat bagi daerah dan masyarakat.

“Saya juga minta pengurus NU terus mengkritisi dan memberikan masukan konstruktif kepada pemerintah. Tujuannya agar pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan benar- benar sesuai harapan dan dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” sambungnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Ketapang, Mathoji yang juga hadir bersama Ketua NU Ketapang, Satuki Huddin menambahkan, NU adalah organisasi keagamaan yang memiliki peran penting dan paling konsisten menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Baca Juga :  Meet and Greet Bold Experience Bersama SLANK di Ketapang

“Komitmen kebangsaan dan nilai-nilai moderasinya dalam keberagaman tidak perlu diragukan lagi. NU menjadi salah satu benteng kebhinekaan di Indonesia. Semoga NU terus konsisten,” tambahnya.

Segenap pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Ketapang, menyatakan komitmennya untuk mendukung sepenuhnya program Pemerintah Ketapang. Bahkan dikatakan, siap mengawal visi misi Bupati dan Wakil Bupati.

“Pengurus NU Ketapang juga siap menjadi garda terdepan untuk mengawal visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang terpilih,” tegas Satuki Huddin.

Turut hadir dalam acara, Dandim 1203/Ktp, Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta, Asisten II Sekda, Marwan Noor, Staf ahli Bupati Ketapang, Husnan, Ketua MUI Ketapang, KH. Faisol Maksum dan Wakil Ketua Komisi IV DPRD, Riyan Heryanto.

Di sesi penutupan, diisi dengan kegiatan pembagian hadiah pemenang lomba nasyid Sholawat Nahdliyah dan Syubbanul Wathon, launching dan pelantikan pengurus Koperasi Abdi NU Sejahtera (aNUsa). Kemudian dilanjutkan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Sekretariat PCNU Ketapang.

Comment