by

CITA meresmikan Gedung Kelas Baru SDN 06 Marau

CITA meresmikan Gedung Kelas Baru SDN 06 Marau

Kontribusi di dunia pendidikan lewat CSR

KalbarOnline, Ketapang – PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) kembali merealisasikan bentuk kepedulian di bidang pengembangan pendidikan melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) dengan meresmikan gedung kelas baru SDN 06 Marau yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepatang, Sabtu (6/4/2021).

Tak hanya meresmikan gedung kelas baru berukuran 8×8 meter tersebut, di kesempatan yang sama, CITA juga memberikan beasiswa kepada murid berprestasi untuk SMPN 4 Marau, SMPN 03 dan SMK 1 Air Upas. Nilai beasiswanya mulai Rp500.000 hingga Rp2.000.000 per siswa. Selain itu, CITA juga memberikan bantuan dana untuk guru honorer dan kontrak yang mengajar di sekolah-sekolah sekitar lokasi perusahaan.

CITA meresmikan Gedung Kelas Baru SDN 06 Marau 2

“CITA berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan yang merupakan bagian integral dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Serupa dengan misi Pak Bupati yaitu peningkatan sumber daya manusia, maka CITA turut serta membangun bangsa melalui pendidikan,” ujar Manager CSR LA CITA, Agustinus Mulyatmojo.

Selain komitmen di bidang pendidikan, CITA juga memiliki kegiatan rutin CSR di bidang infrastruktur, kesehatan, kebudayaan, serta pemberdayaan ekonomi.

“Program CSR selalu menjadi salah satu fokus utama kami, CITA melakukan evaluasi rutin agar seluruh program pengembangan dan pemberdayaan yang kami lakukan akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang, Jahilin menyampaikan terima kasihnya kepada CITA yang telah turut mengembangkan pendidikan melalui program CSR.

“Program CSR CITA, terutama tambahan gedung ruang kelas baru dapat meningkatkan pertambahan aset kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang. Jadi tidak habis pakai begitu saja, ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Ketapang,” ucap Jahilin.

BACA JUGA:  Teken Kontrak Politik, Haji Lakok Alihkan Dukungan ke Martin-Farhan

CITA meresmikan Gedung Kelas Baru SDN 06 Marau 3

Menurut Jahilin, pelaksanaan CSR yang dilakukan CITA di bidang pendidikan ini perlu diteruskan. Karena sangat berdampak positif bagi masyarakat. CSR seperti ini perlu dijadikan contoh bagi perusahaan lain yang berinvestasi di Kabupaten Ketapang.

“Karena kita mau ada digitalisasi pendidikan yaitu bantuan ruang kelas atau laboratorium, bantuan buku, semua itu untuk pertambahan aset dan ini sangat kita dukung dan baik. Mudah-mudahan perusahaan lain mengikuti jejak CITA untuk memberikan CSR tepat sasaran,” ungkapnya.

Selain sangat berguna untuk pembangunan dan perkembangan anak didik dan pelayanan pada masyarakat, program CSR di bidang pendidikan ini dikatakan Jahilin sesuai dengan salah satu misi Bupati Ketapang terpilih yakni melanjutkan Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera.

“Jadi ini sangat baik, karena apa, walau nanti CITA sudah tidak berkarya di wilayah Kabupaten Ketapang tetapi warisan mereka, CSR mereka itu sangat terkenang di masyarakat Ketapang terutama di wilayah kerjanya,” tandasnya.

Kepala Sekolah SDN 06 Marau, Sidik Purnomo, mengatakan, gedung ruang kelas baru itu akan digunakan untuk belajar mengajar. Sebab selama ini sekolah yang berada di desa terpencil itu hanya memiliki lima ruang kelas.

“Kami sangat berterima kasih pada CITA. Hal ini sangat luar biasa, karena pihak perusahaan yang datang, melihat keadaan dan menentukan apa yang dapat dibantu. Alhamdulillah kami dapat bantuan tambahan ruang kelas ini,” paparnya.

Sidik menceritakan, sebelum ada tambahan ruang kelas baru, sekolah yang dikelilingi perusahaan perkebunan sawit dan tambang itu hanya memiliki lima ruang kelas. Untuk menutupi kekurangan lokal, pihak sekolah berinisiatif menyekat kelas agar ruangan belajar mengajar cukup untuk kelas satu sampai kelas enam.

“Ini sangat berharga buat kami, karena memang sangat dibutuhkan anak-anak kami belajar. Sekarang kami tidak perlu menyekat kelas lagi,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Ironi Kasus Korupsi Sumbangkan Jumlah PNS Ketapang yang Dipecat Sepanjang 2018

Salah seorang penerima beasiswa, Rusina Caca (18) mengucapkan terimakasih kepada CITA.  Setelah mendapatkan beasiswa, seakan menjadi suntikan semangat bagi siswa kelas 2 SMKN 1 Air Upas itu untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi.

“Terima kasih untuk CITA atas penghargaan yang sangat luar biasa, semoga CMI makin baik kedepannya. Beasiswa ini mendorong saya untuk mempertahankan prestasi saya,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama juga, CITA memperoleh apresiasi berupa tiga penghargaan dari Bupati Ketapang, Martin Rantan, yaitu atas partisipasi dalam memberikan bantuan insentif bagi guru honor PAUD, SD, SMP di Kecamatan Marau dan Air Upas tahun 2021; atas partipasi dalam pembangunan tambahan satu lokal (ruang kelas) SDN 06 Marau tahun 2021; atas partisipasi dalam memberi beasiswa SMPN 04 Kecamatan Marau, dan SMPN 03 Air Upas tahun 2021. (Adi LC)

Comment