by

Ketua DPRD Kapuas Hulu Tegaskan Kembali Komitmennya Dukung Pemekaran Kapuas Raya

Ketua DPRD Kapuas Hulu Tegaskan Kembali Komitmennya Dukung Pemekaran Kapuas Raya

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi menegaskan kembali komitmennya, mendukung pemekaran Provinsi Kapuas Raya. Menurut dia, semangat pemekaran bukan sebatas slogan, tetapi berbentuk dukungan konkrit dan sudah sejak dulu disuarakan masyarakat wilayah timur Kalbar.

“Melihat dari salah satu aspek maupun indikator dengan luasnya Provinsi Kalimantan Barat, maka sudah saatnya dimekarkan menjadi dua provinsi yaitu Provinsi Kapuas Raya,” ujar Kuswandi saat diwawancarai KalbarOnline, Jumat (5/3/2021).

Politisi Partai Golkar ini menegaskan, pemekaran Provinsi Kapuas Raya akan lebih baik jika cepat direalisasikan oleh Pemerintah Pusat. Terlebih lagi, tegas dia, segala syarat yang diperlukan sudah terpenuhi dan tak perlu diperdebatkan.

“Provinsi Kapuas Raya ini bukan kepentingan politik, tetapi sebuah kebutuhan mendasar bagi masyarakat di lima kabupaten di wilayah timur Kalimantan Barat ini, sehingga pemerataan dan pembagian kue pembangunan menjadi baik,” tegasnya.

Menurut Kuswandi, dengan dimekarkannya Kapuas Raya ini tentu akan membenahi banyak hal di wilayah timur Kalbar sekaligus sebagai pendukung ibu kota negara baru. Oleh karena itu, ia mendesak agar Kapuas Raya dimekarkan Pemerintah Pusat.

“Dengan dimekarkannya Kapuas Raya, percepatan pembangunan akan terjadi. Kalau bisa sebelum ibu kota negara pindah ke Kaltim, karena wilayah di sekitaran Kaltim ini termasuk daerah penyanggah ekonomi tak terkecuali Kalbar, oleh karena itu Kapuas Raya harus dimekarkan. Karena akan berkontribusi untuk ibu kota negara baru. Imbasnya juga pada ekonomi masyarakat, kita harap ada respon positif dari Pemerintah Pusat. Wakil rakyat kita (Kalbar) di Senayan juga sudah gencar menyuarakan ini. Kalau Papua dimekarkan, suka tak suka Kalbar juga harus mekar, pada prinsipnya kita dari Kapuas Hulu minta diproses secepatnya, tinggal bagaimana Pemerintah Pusat melihat hal itu, apalagi ini ibu kota negara akan pindah ke Kaltim,” kata dia tegas.

“Sebagai bentuk sikap dan komitmen, kami dari DPRD Kabupaten Kapuas Hulu akan terus menyuarakan kepada Pemerintah Pusat untuk merealisasikan Provinsi Kapuas Raya seperti Provinsi Kalimantan Utara,” pungkasnya.

Comment

News Feed