Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terbaik yang Wajib Diketahui

Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terbaik yang Wajib Diketahui

Di era sekarang bank atau pegadaian bukanlah satu-satunya solusi untuk mencari jalan keluar ketika seseorang mengalami kesulitan keuangan. Belum lagi harus memiliki jaminan ketika hendak mengajukan pinjaman uang. Proses yang rumit dan harus memiliki jaminan dalam pengajuan pinjaman ini kini dapat diatasi dengan adanya platform pinjaman online terbaik.

Meskipun umumnya aplikasi pinjaman online memberikan kemudahan dalam proses pengajuan dan pencairan dana yang cepat. Bukan berarti Anda dapat memilih aplikasi pinjaman online secara asal-asalan. Banyak orang yang menyesal meminjam uang di beberapa platform pinjaman online karena sering kali mendapat perlakuan yang tidak nyaman dari pihak penagih.

Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terbaik

Agar Anda tidak salah memilih aplikasi pinjaman online Anda harus teliti sebelum mengajukan pinjaman. Dalam memilih aplikasi pinjaman online terbaik Anda harus melakukan beberapa cara berikut!

  1. Telah Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah pastikan aplikasi pinjaman online tersebut telah terdaftar dan diawasi oleh pihak OJK. Dengan begitu aplikasi pinjaman online tersebut memiliki legalitas yang jelas karena perusahaan yang bergerak di fintech atau pinjaman online harus terdaftar di OJK.

Pemerintah melalui OJK akan memberikan kebijakan-kebijakan dalam penerapan sistem pada pinjaman online tersebut mulai dari ketentuan besaran suku bunga dan denda, cara penagihan dan lain-lain. Anda dapat mengunjungi www.ojk.go.id untuk memastikan aplikasi pinjaman online tersebut terdaftar dan diawasi oleh OJK.

  1. Memiliki Mekanisme yang Transparan dan Terbuka
Baca Juga :  Kisah Owner Kerupuk Mager Tangkap Peluang di Tengah Pandemi

Pada aplikasi pinjaman online terbaik yang telah terdaftar di OJK pasti akan memiliki mekanisme yang transparan dan terbuka agar calon nasabah memahami secara jelas mengenai mekanisme dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman uang.

Nasabah akan diberikan informasi lengkap mengenai besaran suku bunga, denda keterlambatan dan lainnya tanpa ada yang ditutup-tutupi. Biasanya aplikasi pinjaman online terbaik akan menyertakan simulasi perhitungan cicilan dengan mengisi jumlah dana yang akan dipinjam dan waktu pelunasan. Dengan begitu calon nasabah akan secara gamblang mengetahui besaran cicilan yang harus dibayar.

  1. Memiliki Customer Service yang Mudah Dihubungi

Pilihlah aplikasi pinjaman online yang memiliki customer service yang mudah dihubungi. Dengan begitu Anda dapat mengajukan berbagai pertanyaan dan mendapatkan informasi mengingat semua proses pengajuan dilakukan secara online. Atau bahkan Anda ingin mengajukan komplain dengan adanya customer service yang mudah dihubungi Anda dapat lebih mudah mengajukan keluhkan.

  1. Memiliki Aplikasi dan Situs yang Terjamin Keamanannya

OJK memberlakukan semua perusahaan pinjaman online menggunakan aplikasi dan situs yang terjamin keamanannya. Hal ini diterapkan untuk mencegah terjadinya kebocoran data nasabah kepada pihak lain yang tidak berwenang. Dengan mewajibkan aplikasi dan situs pinjaman online telah lolos audit dan sertifikasi ISO teknologi informasi.

  1. Pastikan dari Perusahaan yang Jelas dan Terpercaya
Baca Juga :  Pameran Tunggal Ayu Murniati “Ku Mulai” Tampilkan Kegelisahan Sang Seniman

Jangan tergoda dengan penawaran suku bunga rendah dan proses pencairan dana yang cepat. Pastikan untuk meninjau ulang perusahaan yang mengelola pinjaman online tersebut. Apakah perusahaan tersebut memiliki alamat yang jelas? Apakah perusahaan tersebut memiliki kredibilitas bagus? Cari beberapa ulasan di media sosial atau internet tentang perusahaan dan aplikasi tersebut sebelum mengajukan pinjaman.

Dengan melakukan cara-cara tersebut Anda dapat menemukan aplikasi pinjaman online terbaik. Berbicara tentang aplikasi pinjaman online terbaik, Tunaiku menjadi salah satu aplikasi pinjaman online terbaik yang pertama kali hadir di Indonesia pada 2014. Aplikasi ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan dana cepat.

Tentu sudah pasti aman dan terpercaya karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Tidak hanya itu Tunaiku merupakan produk pinjaman online dari perbankan yaitu Amar Bank. Sehingga suku bunga yang ditawarkan lebih rendah.

Selain itu juga Tunaiku memiliki banyak kelebihan dibandingkan pinjaman online dari perusahaan fintech. Beberapa kelebihannya adalah Anda dapat mengajukan pinjaman dana mulai dari 2 juta hingga 20 juta, tenor pinjaman mulai 6 bulan hingga 20 bulan, dan proses pengajuan pinjaman yang mudah dan tanpa jaminan.

Comment