AHY Tegaskan Peserta KLB Sumut Bukan Pemilik Suara Sah: Kebanyakan Mantan Kader yang Dipecat

AHY Tegaskan Peserta KLB Sumut Bukan Pemilik Suara Sah: Kebanyakan Mantan Kader yang Dipecat

KalbarOnline, Politik – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan kongres luar biasa (KLB) yang digelar di Deli Serdang, Sumatera Utara, hari ini ilegal. AHY juga menyebut para peserta KLB bukanlah pemilik suara yang sah.

“Sekali lagi saya sampaikan peserta KLB ilegal di Deli Serdang Sumatera Utara, tadi bukanlah pemilik suara yang sah,” kata AHY dalam konferensi pers di Jakarta, seperti dilansir dari Detikcom, Jumat (5/3/2021).

AHY mengungkapkan sebagian besar peserta KLB merupakan mantan kader yang dipecat. Selain itu, ada sejumlah kader yang sudah tidak lagi aktif.

“Mereka kebanyakan adalah para mantan kader yang sudah dipecat, sudah diberhentikan tetap secara tidak hormat. Saya tidak perlu jelaskan satu per satu siapa saja orangnya, yang tentu itu juga menjadi bagian dari kedaulatan partai kami dan kemudian ada juga sejumlah mantan kader atau kader yang sudah lama tidak aktif lagi,” tuturnya.

Baca Juga :  Moeldoko Beberkan Kesulitan Buru Ali Kalora Pimpinan Kelompok MIT

“Bahkan sudah pindah partai tiba-tiba kembali menggunakan jaket Demokrat, jaket biru Demokrat seolah-olah mereka adalah kader aktif seolah-olah mereka adalah kader yang memiliki hak suara yang sah. Bukan. Saya bisa pastikan itu,” sambung AHY.

AHY mengakui memang ada sejumlah Ketua DPC yang terlibat dalam KLB tersebut. Namun, dia menegaskan, para Ketua DPC tersebut telah di-Plt-kan.

“Ada memang sejumlah ketua DPC yang terpapar gerakan pengambil alihan kepemimpinan partai Demokrat yang saat ini. Tetapi semua itu ada 34 yang saya catat berdasarkan laporan dari lapangan dan dari berbagai sumber mereka juga sudah di-Plt sebelum KLB dimulai,” katanya.

Baca Juga :  DPRD Sanggau Sambangi Kantor PLN di Jakarta, Minta Penuntasan Jaringan Listrik Sampai ke Dusun

Karena itu, AHY kembali menegaskan tidak ada kader pemilik suara yang sah yang ikut dalam KLB tersebut. Dia memastikan 93 persen pemilik suara sah di DPD dan DPC Demokrat setia terhadap kepemimpinannya dan menolak KLB.

“Artinya mereka tidak melakukan penerbangan atau perjalanan ke Sumatera Utara. Fakta di lapangan sekali lagi hanya sekitar 7 persen dan itu pun sudah kita ganti. Sudah di-Plt. Kami bisa buktikan dokumen-dokumennya,” ungkap AHY.

Comment