47 Desa di Kapuas Hulu Masih Tertinggal

47 Desa di Kapuas Hulu Masih Tertinggal

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu, Alfiansyah mengatakan dari 278 desa di wilayah Kapuas Hulu, masih terdapat 47 desa berstatus desa tertinggal.

“Untuk desa sangat tertinggal sudah tidak ada, tetapi Kapuas Hulu masih memiliki 47 desa berstatus tertinggal itu akan segera kita atasi,” kata Alfiansyah, seperti dilansir dari Antara Kalbar.

Disampaikan Alfiansyah, salah satu indikator desa tertinggal yaitu belum bisa diakses secara maksimal melalui jalan darat salah satu contoh seperti sejumlah desa di Kecamatan Silat Hulu, Silat Hilir dan Embaloh Hilir.

Baca Juga :  Soal Penghentian Operasional Lion Air, Bupati Fransiskus Diaan Lapor ke Menteri Perhubungan 

Menurut dia, akses jalan sudah ada, tetapi kondisinya mengalami kerusakan dan tidak bisa diakses seperti jalan pada umumnya.

“Kami targetkan tahun ini akan menuntaskan sekitar 20 desa tertinggal,” ucap Alfiansyah.

Terkait desa berkembang di Kapuas Hulu, kata Alfiansyah ada 184 desa, desa mandiri sebanyak 19 desa dan desa maju sebanyak 36 desa.

Baca Juga :  Rasakan Suka Cita Ramadhan, Hotel Vinca Gelar Buka Bersama

Dijelaskan Alfiansyah, untuk target desa mandiri Tahun 2021 sebanyak 36 desa dengan berbagai indikator dan bekerjasama dengan sejumlah organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu, serta pengembangan Badan usaha milik desa.

“Kita terus berupaya mendorong dari desa tertinggal, berkembang, mandiri hingga menuju desa maju, tentu itu mesti ada dukungan sejumlah pihak terkait termasuk juga peran penting dari tiga pilar di desa,” tandasnya.

Comment