Kodam XII/Tanjungpura Gulirkan Program TMMD ke-110 Serentak

Kodam XII/Tanjungpura Gulirkan Program TMMD ke-110 Serentak

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Guna membantu pemerintah mengejar ketertinggalan desa-desa di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, Kodam XII/Tanjungpura kembali menggulirkan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 yang dilaksanakan di tiga desa binaan Kodim-kodim di wilayah Kodam XII/Tpr.

“Ada tiga Kodim yang akan melaksanakan TMMD, yaitu Kodim 1011/Klk di Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, kemudian Kodim 1201/Mph di Desa Tolok, Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak. Satu lagi, Kodim 1206/Psb di Desa Hulu Pengkadan, Kecamatan Pengkadan, Kabupaten Kapuas Hulu,” kata Wakapendam XII/Tpr, Letkol Kav Edi Supriyadi, Selasa.

Dikatakannya, program TMMD itu dilakukan karene dinilai masih ada desa-desa baik di wilayah Kalbar maupun Kalteng yang belum menikmati sepenuhnya dari pembangunan.

“TMMD ke-110 di wilayah Kodam XII/Tpr dibuka secara serentak pada hari ini di tiga wilayah Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. TMMD dibuka oleh masing-masing pemerintah daerah dan Dansatgas TMMD, yang dilaksanakan tanpa upacara,” kata Wakapendam XII/Tpr.

Baca Juga :  Porprov ke XIII, Atlet Persambi Kapuas Hulu Borong 5 Medali Emas 

Ia juga menjelaskan, kegiatan TMMD yang mengambil tema,”TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” , dan ini dilaksanakan di wilayah Korem 102/Pjg di Kabupaten Kapuas, wilayah Korem 121/Abw dilaksanakan di dua kabupaten yaitu Kabupaten Landak dan Kapuas Hulu.

Menurutnya, tujuan TMMD kali ini, adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan dan pemerataan pembangunan di wilayah, khususnya pedesaan.

“TMMD ini adalah wujud bhakti TNI untuk mengakselerasi pembangunan di desa. Sedangkan pelaksanaan TMMD akan dilaksanakan selama 30 hari, yang nantinya akan terbagi dalam dua kegiatan yaitu fisik dan non fisik,” katanya.

Baca Juga :  AKBP France Yohanes Siregar Diantar dengan Tradisi Pedang Pora

Wakapendam XII kembali menjelaskan, untuk kegiatan fisik, Satgas TMMD Kodim 1011/Klk akan melaksanakan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1200 meter, renovasi tempat ibadah, dan pembangunan jamban.

Satgas TMMD Kodim 1201/Mph akan melaksanakan peningkatan jalan sepanjang 5 km dari Dusun Sedange menuju Dusun Palah, rehap jembatan beton 1 unit dan pembuatan box kayu sebanyak 9 unit.

Kemudian, Satgas TMMD Kodim 1206/Psb akan melaksanakan pembukaan badan jalan sepanjang 3.8 km lebar 8 mtr, pembuatan jembatan sebanyak 7 unit dan pembuatan gorong-gorong sebanyak 9 unit.

“Sedangkan untuk kegiatan non fisik, masing-masing Satgas TMMD akan melaksanakan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat di lokasi TMMD bekerja sama dengan instansi terkait lainnya. Kegiatan non fisik ini lebih mengutamakan pembangunan sumber daya manusia. Sehingga diharapkan dengan peningkatan SDM masyarakat nantinya bisa mandiri membangun daerahnya,” tutupnya.

Comment