by

Hadapi Karhutla, Dinkes Kubu Raya Pastikan Puskesmas Siap Layani Pasien ISPA

Hadapi Karhutla, Dinkes Kubu Raya Pastikan Puskesmas Siap Layani Pasien ISPA

KalbarOnline, Kubu Raya – Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya memastikan kesiapan sarana dan prasarana medis untuk menghadapi lonjakan penyakit Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA. Melihat bencana kabut asap akibat Karhutla beberapa pekan ini, Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan menyatakan angka pasien penyakit ISPA di sembilan kecamatan tidak terlalu menonjol sebelum dan sesudah memasuki musim kemarau.

“Kubu Raya memiliki 20 Puskesmas yang terdiri dari 10 Puskesmas perawatan untuk menangani masa ringan pasien akibat diare maupun ISPA yang dimana memiliki kapasitas tempat tidur, obat-obatan, serta dokternya juga telah kita siapkan,” jelas Marijan, Senin (1/3/2021).

Marijan menambahkan dengan adanya 20 Puskesmas tahap penanganan pertama terhadap pasien diharapkan tidak ada rujukan ke Rumah Sakit. Sebab sambung dia, pada tahap rujukan, akan ada pembiayaan untuk menangani penyakit pasien.

“Sedangkan Puskesmas perawatan telah berdiri di setiap kecamatan yang banyak terjadi kabut asap. Seperti Kecamatan Rasau, Sungai Kakap, Sungai Raya, Sungai Ambawang, Kubu, Batu Ampar, Teluk Pakedai, serta Padang Tikar. Jadi tanpa ada kabut asap pun Puskesmas-puskesmas itu sudah siap,” terangnya. (ian)

Comment

News Feed