by

Kota Singkawang Kini Punya Laboratorium Pemeriksaan Swab PCR

Kota Singkawang Kini Punya Laboratorium Pemeriksaan Swab PCR

KalbarOnline, Singkawang – Kota Singkawang kini memiliki gedung laboratorium untuk pemeriksaan swab PCR. Gedung laboratorium itu merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang nantinya akan dioperasikan untuk memaksimalkan tracing dan testing dalam menangani Covid-19 di kota itu.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson usai melakukan serah terima hibah gedung tersebut kepada Pemerintah Kota Singkawang yang diterima langsung oleh Wali Kota Tjhai Chui Mie, Sabtu (27/2/2021).

“Hari ini Pemerintah Provinsi Kalbar menghibahkan satu unit gedung laboratorium PCR kepada Pemerintah Kota Singkawang, gedung ini nanti akan digunakan oleh Pemkot Singkawang untuk melaksanakan pemeriksaan swab PCR dalam rangka upaya testing dan tracing,” ujar Harisson.

Gedung laboratorium itu, kata Harisson, sudah dirancang sedemikian rupa dan sudah memenuhi standar bio safety level 2.

“Jadi sudah bertekanan negatif, sehingga kita harapkan petugas yang melaksanakan pemeriksaan PCR di dalam gedung ini tidak dapat dengan mudah terkontaminasi atau tertulas virus covid-19,” kata dia.

Diketahui, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah membangun sebanyak tiga unit laboratorium pemeriksaan sampel swab PCR di Kalbar, masing-masing satu untuk Rumah Sakit TNI Angkatan Udara, Pemerintah Kota Singkawang yang sudah dihibahkan dan di Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Kalbar.

“Kedepan kita akan segera membangun satu unit lab PCR di Kabupaten Landak,” tandasnya.

Serah terima hibah gedung laboratorium itu juga dirangkai dengan peresmian langsung oleh Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie.

Comment

Terbaru