by

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Langsung Jalani Pemeriksaan Setibanya di KPK

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Langsung Jalani Pemeriksaan Setibanya di KPK

KalbarOnline, Nasional – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan usai terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh lembaga antirasuah itu pada Jumat (26/2/2021) malam.

Berdasarkan pantauan, Nurdin tiba pukul 09.40 WIB dengan iring-iringan tujuh buah mobil Sabtu (27/2/2021). Nurdin menggunakan topi biru, bercelana jeans dan jaket hitam.

“Saya lagi tidur, dijemput,” ujarnya singkat seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Selain Nurdin, tampak tiga orang lainnya yang digiring ke dalam kantor KPK. Terlihat pula sejumlah aparat kepolisian yang turut mengawal.

Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, mengatakan para pihak yang ditangkap tersebut masih harus menjalani pemeriksaan lanjutan.

Namun, juru bicara berlatar belakang jaksa itu enggan menyampaikan secara spesifik kasus dugaan korupsi yang dilakukan Nurdin. Pun begitu dengan pihak lain yang terjaring dalam operasi senyap tersebut.

“Informasi lebih lengkap kasusnya, siapa saja yang ditangkap dan barang bukti apa yang diamankan, saat ini belum bisa kami sampaikan,” imbuhnya.

Berdasarkan ketentuan KUHAP, KPK memiliki waktu 1×24 jam guna menentukan status hukum Nurdin beserta pihak lain yang diamankan.

Sebelumnya penangkapan Nurdin pada pukul 23.40 WIB malam dibenarkan Ketua KPK, Firli Bahuri.

Dari informasi yang dihimpun, tim penindakan KPK mengamankan lima orang dan satu koper berisi uang Rp1 miliar rupiah. Nurdin diterbangkan ke Jakarta dari Bandara Sultan Hasanudin, Makkasar sekitar pukul 07.00 WITA menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 617.

Comment

Terbaru