by

Musrenbang Kecamatan Singkronkan Rencana Pembangunan Daerah

Musrenbang Kecamatan Singkronkan Rencana Pembangunan Daerah

KalbarOnline, Sekadau – Pemkab Sekadau melaksanakan kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Sekadau tingkat Kecamatan Tahun 2022 di gedung pertemuan Kecamatan Belitang, Rabu (17/2/2021).

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin Pemkab Sekadau yang dilaksanakan setiap tahunnya secara bertahap pada 7 Kecamatan di Kabupaten Sekadau.

“Sebelum penyusunan rancangan akhir RKPD Kepala Bappeda Litbang harus melaksanakan musyawarah rencana pembangunan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang dimuai dalam musrenbang Desa dan Kecamatan,” jelas Mirza Suryadi, Kepala Bidang PPAP Bappeda Litbang Kab.Sekadau.

Selanjutnya, ia mengatakan sesuai amanat dari Pasal 95 Kemendagri Nomor 86 Tahun 2017, musrenbang sendiri merupakan forum pemangku kepentingan dari pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atas pendapat dari perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah.

“sebagai sebuah mekanisme proses rutin tahunan musrenbang berusaha menagkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi kondisi dan pembangunan terkini,” ungkap dia.

Selain itu, kegiatan murenbang RKPD juga dapat dijadikan media perencanaan pembangunan pada seluruh stakeholder dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah,

“oleh karena itu, pelaksanaan musrenbang RKPD ini hendaknya dapat dilaksanakan dengan tertib dan lancar serta penuh kesungguhan, sehingga dapat menghasilkan usulan program kegiatan yang realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.

Pada musrenbang RKPD di Kecamatan Belitang tersebut juga di lakukan penyampaian prioritas kebijakan umum pembangunan Kab.Sekadau tahun 2022 oleh Bappeda Litbang Kabupaten Sekadau setra beberapa Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau kepada perwakilan Kepala Desa se-Kecamatan Belitang yang dilanjutkan dengan sesi penyampaian pendapat dan tanya jawab.

Comment

News Feed