Jurnalis di Kalbar Akan Ikuti UKW dari PWI dan Dewan Pers

Jurnalis di Kalbar Akan Ikuti UKW dari PWI dan Dewan Pers

Terapkan protokol kesehatan

KalbarOnline, Pontianak – Para jurnalis yang bertugas di Kalimantan Barat akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalbar bekerjasama dengan Dewan Pers. UKW tersebut rencananya akan dilaksanakan di Hotel Aston Pontianak selama dua hari, Sabtu (27/2/2021) hingga Minggu (28/2/2021).

Ketua PWI Kalbar, Gusti Yusri mengaku terkejut akan tingginya animo para jurnalis untuk mengikuti UKW.

“Namun kita membatasi peserta karena masih dalam situasi pandemi covid-19. Sehingga peserta yang akan mengikuti UKW hanya dibatasi 50 orang,” ujarnya, Kamis (25/2/2021).

Baca Juga :  Persatuan Peladang Tradisional Kalbar Optimis Hakim Bebaskan 6 Peladang

Yusri pun memastikan penyelenggaraan UKW tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Di mana setiap peserta sebelum masuk ruangan wajib tes swab antigen, menggunakan masker, pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan serta menjaga jarak.

Diketahui, ada tiga tingkatan yang akan diikuti peserta yakni tingkat muda, madya dan utama. Tingkat muda akan dibagi menjadi tujuh kelas sedangkan tingkat madya dan utama masing-masing satu kelas.

“Masing-masing kelas akan diawasi oleh penguji. Sedangkan materi ujian erat kaitan dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), UU Pers maupun proses liputan dan penerbitan berita,” jelasnya.

Baca Juga :  PWI Bakal Kembalikan Marwah Organisasi

Sebelum UKW, disebutkan Yusri, para peserta diwajibkan mengikuti zoom meeting pelatihan dan seminar tentang anak yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI beberapa waktu lalu.

“Kedua agenda tersebut diantara mencakup materi yang akan diuji pada UKW nanti,” jelasnya.

Yusri berharap para peserta UKW dapat mengikuti ujian dengan serius sebab selain menambah wawasan, juga menjadikan wartawan tersebut berintegritas dan berkualitas.

Diketahui, UKW juga pernah diselenggarakan PWI Kalbar di tahun 2017 lalu bekerja sama dengan Dewan Pers. Namun animo peserta tidak seramai UKW tahun ini.

Comment