by

Wali Kota Sebut Peran GOW Penting dalam Pembangunan

Wali Kota Sebut Peran GOW Penting dalam Pembangunan

Pelantikan Pengurus GOW Kota Pontianak

KalbaraOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono melantik pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Pontianak. Norhasanah Bahasan ditunjuk sebagai Ketua GOW Kota Pontianak.

Edi berharap kepada para pengurus yang dilantik untuk bisa menjalankan roda organisasi sesuai dengan peran dan fungsinya. Sebagai gabungan dari berbagai organisasi wanita yang ada, baik yang ada di lingkup pemerintahan maupun yang ada di lingkungan masyarakat, memiliki peran penting dalam pembangunan. Dalam hal ini, banyak persoalan yang ada dalam kehidupan tidak hanya bisa mengandalkan pemerintah saja, sehingga kehadiran GOW ini memberikan kontribusi untuk membantu pemerintah.

“Oleh sebab itu, saya berharap adanya kolaborasi bersama antara organisasi wanita yang ada dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak,” ungkapnya usai pelantikan pengurus GOW Kota Pontianak di aula rumah jabatan Wakil Wali Kota Pontianak, Rabu (24/2/2021).

Menurutnya, persoalan-persoalan yang ada di masyarakat menjadi tugas semua pihak. Pemerintah daerah mempunyai tugas untuk mengurus masyarakat, mulai dari anak yang belum lahir hingga orang yang meninggal dunia. Luasnya aspek pelayanan yang diberikan Pemkot Pontianak, membutuhkan dukungan dan peran semua pihak. Pemerintah daerah tidak bisa berjalan sendiri untuk menangani semua persoalan. Untuk itu dibutuhkan kolaborasi semua pihak sesuai dengan peran dan fungsinya pada masing-masing organisasi yang ada. Kehadiran organisasi yang tergabung dalam GOW ini, mencakup berbagai bidang, mulai dari bidang sosial, ekonomi, keagamaan dan sebagainya.

“Tentu dengan keberadaan organisasi-organisasi itu bisa lebih fokus dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada sesuai dengan fokus bidangnya,” ujarnya.

Pihaknya membuka kesempatan bagi GOW untuk berkolaborasi dengan OPD-OPD terkait sesuai dengan bidang yang digeluti masing-masing organisasi. Misalnya dengan Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan lainnya. Tujuannya untuk menguatkan peran GOW dalam ikut serta membantu pemerintah menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat.

“Kita berharap ada kepekaan dari organisasi-organisasi wanita dalam menyikapi persoalan yang ada di masyarakat,” tutur Edi.

Ketua GOW Kota Pontianak, Norhasanah Bahasan menyatakan, pihaknya berkomitmen untuk membesarkan organisasi-organisasi wanita yang ada di Kota Pontianak. Dengan bergabungnya seluruh organisasi wanita di dalam GOW ini diharapkan kehadiran organisasi ini tetap solid.

“Serta mampu merealisasikan program-program yang ada dalam perencanaan organisasi dengan baik,” sebutnya.

Selaku Ketua GOW, dirinya berharap seluruh organisasi yang tergabung dalam GOW terus memberikan motivasi kepada para anggotanya. GOW sebagai induk organisasi wanita ini akan membuat berbagai program pelatihan dalam meningkatkan kompetensi bagi ketua organisasi wanita.

“Selanjutnya para ketua organisasi bisa meneruskan ilmunya kepada para anggota yang ada dalam organisasinya masing-masing,” imbuh Norhasanah.

Penasehat GOW Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie Kamtono mengharapkan terbentuknya kepengurusan yang baru ini menjadi penyemangat bagi seluruh organisasi wanita yang ada di Kota Pontianak.

“Untuk bisa berpartisipasi, berinovasi dan berkreativitas demi membantu pembangunan di Kota Pontianak,” katanya.

Dirinya juga menginginkan program-program yang telah disusun oleh pengurus bisa terlaksana sebaik mungkin. Oleh sebab itu, dibutuhkan inovasi dan kreativitas dari para pengurus GOW.

“Agar bisa memberdayakan wanita-wanita Kota Pontianak untuk bisa berpartisipasi dalam menggerakkan pembangunan,” tutupnya. (prokopim)

Comment

News Feed