Cegah Karhutla, Ketua DPRD Ketapang Ingatkan Masyarakat dan Perusahaan Tak Bakar Lahan Sembarangan

Cegah Karhutla, Ketua DPRD Ketapang Ingatkan Masyarakat dan Perusahaan Tak Bakar Lahan Sembarangan

KalbarOnline, Ketapang – Ketua DPRD Ketapang, Febriadi meminta baik masyarakat maupun perusahaan untuk tidak lakukan pembakaran lahan dan sampah secara sembarangan.

Hal ini guna menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), terlebih saat ini telah memasuki musim panas yang mana hampir dua pekan terakhir tidak turun hujan.

“Saya berharap kepada masyarakat untuk menghindari membakar lahan. Karena ini sudah masuk musim kemarau,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/2/2021).

Baca Juga :  Polres Ketapang Tetapkan 12 Tersangka Karhutla

Febriadi sapaan akrabnya, menyebutkan kalau wilayah Ketapang termasuk daerah kategori rawan karhutla. Kenyataan seperti ini, menurutnya perlu diwaspadai agar tidak terjadi hal yang dapat merugikan masyarakat sendiri.

“Tahun lalu sempat ada beberapa kasus Karhutla yang ditangani Polres Ketapang baik itu masyarakat maupun perusahaan. Dengan berkaca di tahun lalu. kita berharap hal ini tidak terjadi lagi di tahun ini,” ujarnya.

Politisi Partai Golkar ini mengingatkan kalau tentu saja ada sanksi tegas bagi siapa saja yang sengaja membuka lahan dengan cara membakar. Untuk itu ia berharap agar tidak ada terjadi lagi Karhutla di Ketapang.

Baca Juga :  Bersama BPBD, Kapolres Ketapang Pimpin Pemadaman Karhutla di Desa Sungai Besar

“Pemerintah daerah juga sudah mengkaji tentang kejadian sebelumnya. Makanya tahun lalu kita telah membuat Pos Penjagaan Karhutla di daerah Pelang menuju Tumbang Titi karena disana lahan gambut yang rawan Karhutla,” ungkapnya.

Febriadi juga mengajak seluruh komponen masyarakat Ketapang untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan masyarakat dan lingkungan sekitar. Segala hal yang dapat memicu kebakaran harus dihindari. (Adi LC)

Comment