Ramadan, Vaksinasi Dilakukan Malam Hari

KalbarOnline.com – Berbagai skenario disiapkan agar target program vaksinasi Covid-19 tahap kedua tercapai. Yakni, sebanyak 38 juta orang disuntik vaksin dan rampung pada Mei 2021.

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi meminta dukungan semua pihak agar target penyelesaian vaksinasi bisa tepat waktu. Termasuk mengatur pelaksanaannya saat ibadah puasa Ramadan mulai pertengahan April. “Ini kan targetnya luar biasa, 38 juta orang ya,” ujar Nadia dalam webinar tentang vaksinasi kemarin (21/2).

Baca Juga :  Sutarmidji Targetkan 15 Ribu Warga Kalbar Divaksin Dalam Sehari

Kemenkes telah menerima arahan dari presiden soal vaksinasi pada malam hari. Saat ini sedang digodok bagaimana implementasinya untuk menyelesaikan vaksinasi petugas layanan publik dan lansia. “Ini sedang dipikirkan bagaimana tenaga kesehatan untuk menyuntikkan pada malam hari,” paparnya.

Saat ini, vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) belum 100 persen.

Masih ada sekitar 20 persen nakes yang belum mendapat vaksin dari target 1.468.764 orang. Per Sabtu (20/2), tercatat sudah 1.227.489 nakes divaksinasi dosis pertama. Cakupannya mencapai 83,58 persen. Sementara itu, vaksinasi dosis kedua telah disuntikkan kepada 731.162 nakes dengan persentase 50,05 persen. Bali menjadi provinsi dengan cakupan vaksinasi nakes tertinggi, yakni mencapai 90 persen.

Baca Juga :  Erick Tekankan Protokol Kesehatan Meski Ada Vaksin Covid-19

Pihaknya mendorong agar daerah dapat segera menyelesaikan proses vaksinasi bagi nakes di masing-masing wilayah. ’’Diharapkan, sisanya akan bisa dirampungkan hingga akhir Februari 2021,’’ katanya.

Comment