Kuburkan 51 Paus Mati Terdampar, Pemprov Jatim Kirim Dua Eskavator

KalbarOnline.com – Pemprov Jatim bersama Balai Besar KSDA Jatim dibantu masyarakat memulai proses penggalian untuk menguburkan 51 kawanan Ikan Paus jenis Pilot yang terdampar di di Perairan Pantai Desa Patereman, Kecamatan Modung, Kab. Bangkalan.

Seperti diketahui sebelumnya pada Kamis (18/2) telah ditemukan 52 paus yang terdampar. Diketahui  sebanyak 49 sudah ditemukan dalam keadaan mati, 3 ekor Paus sudah diupayakan kembali ke laut lepas. Namun, per hari ini Sabtu (20/2), 2 ekor paus yang telah diupayakan kembali ke laut lepas, ditemukan mati.

Baca Juga :  Jika Terpilih, Ganjar-Mahfud Bakal Buka Opsi Pemekaran Daerah di Kalbar

Dengan demikian hanya 1 ekor yang berhasil kembali ke laut lepas dan akan terus dipantau perkembangannya.

Penguburan ikan paus juga turut dibantu perwakilan Kementrian Lingkungan Hidup, TNI, Polri, para relawan dan pegiat lingkungan, tokoh masyarakat, Forum Koordinasi di tingkat Kecamatan Modung, Bangkalan, serta perwakilan akademisi dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair.

Proses penggalian telah dimulai sejak Sabtu pagi dengan menggunakan dua eskavator yang dikirim oleh Pemprov Jatim. Letak penguburan berada di perairan Pantai Modung dengan jarak 70 meter dari bibir pantai. Sedangkan kedalaman untuk penguburannya minimal 5 meter. Ini penting, untuk memastikan tidak adanya air yang masuk ketika terjadi pasang air laut.

Baca Juga :  Alexander: Izin Penyadapan Hingga Penyitaan ke Dewas KPK Tak Tepat

Proses penggalian dan penguburan juga berjalan cukup lancar dan cepat, serta tidak ditemukan kendala yang cukup berarti. Warga sekitar juga sangat kooperatif selama proses penggalian dan penguburan dilakukan.

Comment