by

Waspada Karhutla Musim Kemarau, Ini Imbauan Dandim Ketapang

Waspada Karhutla Musim Kemarau, Ini Imbauan Dandim Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Memasuki musim kemarau, Kodim 1203/Ktp mengajak semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Imbauan tersebut disampaikan langsung oleh Komandan Kodim 1203/Ktp, Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta saat diwawancarai di ruang kerjanya, Jumat (19/2/2021).

“Imbauan ini bukan tanpa alasan, karena wilayah Kodim 1203/Ktp sangat rentan timbulnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), walaupun upaya-upaya mencegah terjadinya Karhutla sudah kita lakukan, hal ini merupakan prioritas dan harus menjadi perhatian serius semua pihak,” ujarnya mengingatkan.

Dikatakannya pula, pihaknya terus melakukan persiapan dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait, dilakukan mulai dari patroli terpadu, penyiapan pusat informasi, latihan dan strategi penanganan, posko penanganan dan sebagainya.

“Bahkan Kodim 1203/ktp juga sudah membentuk peleton PRCPB (Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana) mengingat TNI dan unsur terkait lainnya merupakan garda terdepan dalam penanggulangan bencana termasuk bencana karhutla, sehingga dapat bertindak cepat dan tepat bila terjadi bencana,” tegasnya.

Dandim meminta agar masyarakat lebih bijak dalam mengelola kebun maupun lahan. Hal ini dilakukan agar terhindar dari bencana kebakaran.

“Karena dampaknya multi efek, terutama kesehatan dan merugikan banyak pihak,” pungkasnya. (Pendim 1203)

Comment

Terbaru