Operasi SAR Terbaliknya Feri Penyeberangan di Sambas Dihentikan, Kepala SAR Pontianak : Penumpang dan ABK Selamat

Operasi SAR Terbaliknya Feri Penyeberangan di Sambas Dihentikan, Kepala SAR Pontianak : Penumpang dan ABK Selamat

KalbarOnline, Sambas – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi penumpang dan awak kapal penyeberangan KMP Bili yang terbalik di Dermaga Perigi Piai, Kecamatan Tekarang, Kabupaten Sambas pada Sabtu (20/2/2021) kemarin.

Kepala kantor pencarian dan pertolongan Pontianak (Basarnas Pontianak), Yopi Haryadi mengatakan, penumpang dan awak kapal berhasil selamat.

“Dari hasil pendataan di lokasi hingga saat ini penumpang dan awak kapal berhasil selamat, terdapat 79 orang penumpang dan 15 awak kapal. Selain itu, 11 unit kendaraan roda enam, 2 unit roda empat dan 40 unit roda dua turut dalam peristiwa ini,” ujar Yopi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/2/2021).

Baca Juga :  Cerita Atong, Pengusaha Asal Pemangkat Inisiator Vaksinasi Berhadiah Sembako

Yopi mengatakan operasi pencarian dan pertolongan (SAR) atas peristiwa terbaliknya KMP Bili itu telah dihentikan.

“Tadi malam pukul 20.45 WIB operasi SAR sudah resmi dihentikan, sebelumnya sudah dilakukan koordinasi bersama pihak terkait dan setelah melakukan validasi data bahwa jumlah penumpang yang selamat sudah sesuai dengan data awal manifest kapal,” tutup Yopi.

Basarnas Pontianak, kata Yopi, akan menurunkan tim saat proses recovery posisi kapal

“Saat kapal sudah distabilkan kami akan menurunkan tim untuk mengecek apakah benar sudah tidak terdapat korban dalam peristiwa ini, kami juga tetap melakukan pemantauan dan koordinasi dengan unsur terkait,” kata dia.

Baca Juga :  Bentuk Posko Check Point Upaya Kodim Sambas Perangi Covid-19

Seperti diberitakan sebelumnya, kapal feri penyeberangan KMP Bili terbalik di Dermaga Perigi Piai, Kecamatan Tekarang, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Sabtu (20/2/2021) siang. Peristiwa itu turut dibenarkan Kepala Kantor SAR Pontianak, Yopi Haryadi. Bak petir di siang bolong peristiwa ini menghebohkan masyarakat sekitar.

Adapun unsur yang terlibat dalam operasi SAR itu, Tim Rescue Pos Sar Sintete, Polair Sambas, Bakamla Sambas, KSOP Sintete, SROP Sintete, Posmat AL Pemangkat, Puskesmas Tebas dan masyarakat setempat.

Comment