by

Kapolres Sebut Karhutla di Kubu Raya Ada Unsur Kesengajaan

Kapolres Sebut Karhutla di Kubu Raya Ada Unsur Kesengajaan

KalbarOnline, Kubu Raya – Menanggapi beberapa jumlah api yang timbul di lahan gambut, sekitar permukiman warga pada sepekan lalu. Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana angkat bicara terhadap dugaan pembakaran yang dilakukan oleh oknum masyarakat.

“Kita melihat adanya unsur kesengajaan dari peladang maupun non-peladang yang membuang atau membakar. Sejatinya tidak mungkin ada api tiba-tiba muncul,” ucap Kapolres ditemui usai menghadiri Apel Siaga dan Gelar Pasukan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (18/2/2021).

Lebih lanjut Kaporles menyatakan dalam penanganan Karhutla akan mengutamakan langkah pencegahan terlebih dahulu sebelum penegakan hukum. Dirinya juga menyadari sebagian daerah Kubu Raya merupakan lahan gambut dengan ketebalan yang signifikan.

“Artinya sebagian dari seluruh wilayah Kuba Raya terdiri dari lahan gambut,” terangnya.

Menurut Kapolres efektivitas asap akibat Karhutla sangat membahayakan jarak pandang. Fisibilitas penerbangan yang memerlukan bebas dari hambatan berjarak 1000 meter mata memandang. Baik untuk penerbangan internasional maupun domistik.

“Untuk itu saya mengajak seluruhnya baik itu pihak swasta maupun pihak lain termasuk totalitas masyarakat agar menjaga alam dengan menjaga alam maka tidak ada bencana Karhutla,” terang Kapolres. (ian)

Comment

News Feed