Masa Jabatan Martin Rantan-Suprapto Berakhir, Pj Sekda Suherman Jabat Plh Bupati Ketapang

Masa Jabatan Martin Rantan-Suprapto Berakhir, Pj Sekda Suherman Jabat Plh Bupati Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, Martin Rantan dan Suprapto, resmi berakhir, Rabu (17/2/2021). Mengingat pelantikan Bupati terpilih baru akan dilakukan pada minggu keempat bulan Februari 2021, jabatan Bupati Ketapang sementara dijabat oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Suherman sebagai Pelaksana Harian (Plh).

Penunjukkan Sekda sebagai Plh Bupati oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat guna mengisi kekosongan jabatan pucuk pimpinan Pemerintah Kabupaten Ketapang. Kepada awak media, Pj Sekda Kabupaten Ketapang, Suherman mengaku kalau dirinya sudah melaksanakan tugas sebagai Plh Bupati Ketapang sejak 17 Februari.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Lantik Kades Teluk Runjai dan Kades Tebing Berseri Hasil PAW

Dirinya akan melaksanakan tugas sebagai kepala daerah hingga pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih dilaksanakan.

“Hari ini, 17 Februari saya sudah melaksanakan tugas Bupati sebagai Plh Bupati,” katanya, Rabu (17/2/2021) malam.

Pada Pilkada Ketapang yang digelar Desember tahun lalu, pasangan Martin Rantan dan Farhan keluar sebagai pemenang mengungguli tiga pasangan calon lainnya.

Sementara, Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji pada laman fanpage Facebook miliknya @Bang Midji, menuliskan bahwa pelantikan diperkirakan akan dilakukan pada tanggal 25 Februari mendatang.

Baca Juga :  Program Bedah Rumah, Upaya Pemprov Kalbar Tekan Kemiskinan Ekstrem di Daerah

“Pelantikan diperkirakan tgl 25 Februari 2021. Sementara sekda ditunjuk sbg Pelaksana Harian Bupati,” tulis Gubernur Kalbar Sutarmidji pada laman fanpage Facebook miliknya @Bang Midji, Senin (15/2/2021).

Seperti diketahui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sendiri telah memutuskan kalau pelantikan kepala daerah terpilih di Pilkada 2020 akan dilaksanakan secara virtual. Hal ini guna mencegah penyebaran virus Covid-19 yang hingga saat ini masih belum berakhir.

Kemendagri pun telah menentukan jadwal pelantikan kepala daerah pemenang Pilkada 2020 yang berjumlah lebih kurang 170-an kepala daerah yang rencananya akan dilantik pada 26 Februari 2021. (Adi LC)

Comment