Densus 88 Amankan Istri Terduga Teroris di Sekadau Kalbar

Densus 88 Amankan Istri Terduga Teroris di Sekadau Kalbar

KalbarOnline, Sekadau – Densus 88 Anti Teror Polri mengamankan istri terduga teroris di Sekadau, Kalimantan Barat, Rabu (17/2/2021). Hal tersebut pun dibenarkan oleh Akbar Din, Ketua RT 6, Desa Sungai Ringin Sekadau saat diwawancarai wartawan, Rabu.

“Betul tadi sekitar jam 05.30 WIB setelah saya pulang salat subuh terjadi penjemputan,” ungkap Akbar Din.

Akbar Din mengungkapkan, penjemputan warganya tersebut dilakukan berkordinasi terlebih dahulu dengan dirinya selaku Ketua RT setempat.

“Sebelum penjemputan ada pihak dari Polres Sekadau yang memberitahu, akan ada warganya yang dijemput,” terangnya.

Sementara orang tua dari istri terduga teroris (namanya sengajak tidak disebutkan) mengaku kaget ketika rumahnya didatangi aparat untuk menjemput anaknya.

“Pagi-pagi kami terkejut banyak orang dari kepolisian datang untuk menjemput anaknya,” ungkapnya.

Ditanya mengenai menantunya yang terlibat dugaan terorisme ia mengaku tak tahu menahu soal keterlibatan menantunya tersebut.

Baca Juga :  Doa Wahyudi Hidayat di Idul Adha: Semoga Allah Ganti Pengorbanan Panjang Kita

“Suami anak saya orang Batu Layang, dulu katanya kerja di perusahaan kayu tetapi sempat di-PHK perusahaan dan setahu saya sekarang kerja di kebun sawit, saya tidak tahu menau soal keterlibatannya yang diduga terlibat dalam terorisme,” terangnya.

Kapolres Sekadau, AKBP K Tri Panungko turut membenarkan hal tersebut. Namun, ditegaskan Kapolres, pihaknya hanya memberikan back-up Polda Kalbar.

“Polres Sekadau hanya membackup Polda Kalbar dalam rangka mengamankan seseorang untuk permintaan keterangan sebagai saksi dalam kasus terorisme,” kata Kapolres.

Kapolres pun tak menjelaskan secara rinci mengenai hal tersebut. Namun diungkapkan dia, saat diamankan tadi subuh yang bersangkutan juga bersikap kooperatif.

“Untuk detail penanganan dan informasi langsung ditangani Polda Kalbar. Pemeriksaan juga dilaksanakan di Polda Kalbar, dibawa ke Pontianak,” tandasnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Donny Charles Go juga membenarkan ada penangkapan terduga teroris di Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Jajaran Polres Sekadau Pasang Maklumat Kapolri Dalam Penanganan Virus Corona

“Benar dari Densus 88 Antiteror Polri bersama tim dari Polda Kalbar, telah melakukan kegiatan penangkapan terhadap terduga teroris di wilayah Kalimantan Barat pada hari ini,” kata Donny

Berdasarkan informasi yang ia terima, ada di Kota Pontianak, Singkawang dan Kabupaten Kubu Raya.

“Saat ini masih menunggu (laporan). Nanti akan kita sampaikan,” jelasnya.

Untuk penggeledahan, tim Densus 88 bersama tim Polda Kalbar menggeledah empat rumah, di mana salah satu rumah terduga teroris juga ada berada di Kabupaten Sekadau.

Adapun yang dimankan petugas yaktu RE (28) di Kota Pontianak, M (20) di Kota Singkawang dan MR (27) di Kabupaten Kubu Raya, tepatnya di Kecamatan Batu Ampar.

“Saat ini para terduga teroris sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Mako Brimob Polda Kalbar. Dari informasi Densus ketiga pelaku ini merupakan kelompok dari jaringan JAD,” tutup Donny.

Comment