Bupati Muda Tegaskan Komitmen Pemkab Kubu Raya Tuntaskan Infrastruktur

Bupati Muda Tegaskan Komitmen Pemkab Kubu Raya Tuntaskan Infrastruktur

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menegaskan komitmennya untuk berupaya mengakomodasi semua usulan desa yang disampaikan melalui forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan. Namun prioritas utama pembangunan tetap ditujukan kepada hal-hal yang sangat mendesak dan dengan memperhatikan asas keadilan.

“Terkait infrastruktur, tentunya semua masyarakat memahami kondisinya. Makanya saat dalam perjalanan ke sini, saya sudah meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang untuk melihat kondisi jalan yang mengalami kerusakan tersebut. Jika pada tahun 2021 ini belum selesai, maka akan dilanjutkan tahun depan,” kata Muda Mahendrawan saat membuka Musrenbang Kecamatan Teluk Pakedai di Aula Kantor Camat Teluk Pakedai, Selasa (16/2/2021).

Muda berharap pembangunan infrastruktur yang dikerjakan pada tahun ini dari Desa Sungai Nipah ke Desa Selat Remis dan Desa Selat Remis ke Desa Teluk Gelam dapat terselesaikan. Pemerintah kabupaten sendiri akan memperkuat kondisi infrastruktur tersebut.

Baca Juga :  Razia Rumah Kos, Pol PP Kubu Raya Temukan Alat Kontrasepsi

“Selain itu, kita juga melakukan upaya-upaya infrastruktur lainnya yang menghubungkan ke kecamatan Teluk Pakedai. Karena infrastruktur di Teluk Pakedai ini tidak hanya orang di kecamatan ini saja yang menggunakannya tapi juga warga dari kecamatan lainnya seperti dari Sungai Kakap, Rasau Jaya, dan Sungai Raya,” ujarnya.

Ia menerangkan infrastruktur jalan yang dibangun sangat urgen. Sebab menghubungkan tiga kecamatan. Untuk menuju ke Kecamatan Teluk Pakedai, misalnya, warga harus melewati jalan Parit Sarim di Desa Punggur Besar Kecamatan Sungai Kakap. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah mengalokasikan anggaran pembangunan jalan Parit Sarim sebesar Rp5 miliar.

Adapun untuk pembangunan jalan dari Desa Pematang Tujuh menuju ke ibu kota Kecamatan Rasau Jaya dialokasikan Rp8 miliar dan diperkirakan akan selesai pada tahun ini. Mengingat proses lelang telah dilakukan dan akan segera dikerjakan.

Baca Juga :  Wabup Sujiwo Pimpin Sidak Pasar : Pantau Stok dan Stabilitas Harga

“Untuk jalan di Parit Sarim akan kita perbaiki dan disemen untuk menutupi lubang yang ada. Selain jalan poros desa, kita juga akan prioritaskan pembangunan jembatan yang memiliki keterdesakan tinggi dan berkeadilan,” ucapnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Agus Sudarmansyah menyebutkan, hakikat musrenbang adalah upaya menyatukan persepsi untuk membangun Kabupaten Kubu Raya bersama-sama. Di dalam musrenbang, ujarnya, semua pihakk terkait memberikan kontribusi gagasan.

“Tentunya persoalan insfrastruktur yang disampaikan pak camat tadi merupakan hasil dari musrenbang desa yang selanjutnya akan dibahas pada musrenbang kabupaten untuk menjadi usulan prioritas di tahun 2022 mendatang,” jelasnya.

Turut hadir dalam Musrenbang Teluk Pakedai, Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, Suharso, Ketua TP PKK Kubu Raya, Rosalina Muda, Ketua GOW Kubu Raya, Atzeby Sujiwo dan sejumlah Anggota DPRD daerah pemilihan Rasau Jaya dan Teluk Pakedai. (*)

Comment