Pasar Otomotif Belum Stabil, Honda Brio Satya Masih Tetap Laris

KalbarOnline.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama Universitas Budi Luhur (UBL) pada Senin (15/2) menguji coba motor sport listrik. Motor itu diberi nama Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01). Pengujian di Sirkuit Sentul, Bogor, itu dilakukan guna mengetahui level performa, kinerja handling, dan kecepatan motor listrik tersebut.

Uji coba ini melibatkan pembalap muda, Galih Aji Prakoso, yang juga merupakan alumnus Universitas Budi Luhur. Pemilihan Galih sebagai test rider diharapkan bisa memaksimalkan kinerja performa motor, kemudian memberikan masukan kepada pihak akademik agar mengembangkan motor itu secara lebih baik lagi ke depannya.

Baca Juga :  Toyota Indonesia Umumkan Recall Masalah Fuel Pump Diantaranya Innova

’’Kolaborasi ini menghasilkan produk yang riil, tentunya merupakan prototipe yang bisa dicoba fungsinya. Tujuan utama kolaborasi ini diharapkan akan menghasilkan sebuah produk yang punya nilai kebanggaan tersendiri dari institusi dan juga akan bermanfaat bagi masyarakat luas,’’ kata Kepala Bidang Transportasi LIPI Abdul Hafid, seperti dikutip dari Antara.

Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur Sujono mengungkapkan, itu merupakan pengujian pertama untuk motor listrik BL-SEV01 yang melibatkan pebalap profesional dan dilakukan di trek balap resmi. ’’Setelah mendapatkan masukan dan data performa usai uji coba perdana ini, baru kami evaluasi kembali BL-SEV01 dan disempurnakan kembali di Lab Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur,’’ ungkap Sujono dalam keterangan resminya.

Baca Juga :  Menag Ucapkan Selamat Atas Pengurus Baru MUI Periode 2020-2025

Hasil uji coba pertama tersebut, BL-SEV01 bisa menyelesaikan 11 tikungan dan trek lurus sepanjang 900 meter dengan baik. Motor itu juga mencatatkan top speed hingga 100 kilometer per jam. Kendati demikian, ketika sepeda motor dipacu kembali secara lebih kencang, BL-SEV01 mengalami permasalahan ketika memasuki tikungan S kecil. Motor listrik ini harus kembali ke paddock untuk dianalisa permasalahannya.

Comment