by

Tiga Pengunjung Bioskop XXI Ayani Mall Pontianak Positif Covid

Tiga Pengunjung Bioskop XXI Ayani Mall Pontianak Positif Covid

KalbarOnline, Pontianak – Tiga pengunjung bioskop XXI Ayani Mega Mall Pontianak dinyatakan posiif Covid-19. Kepastian itu berdasarkan hasil pemeriksaan swab PCR yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kalimantan Barat secara acak terhadap 22 orang dari total 39 penonton dalam satu teater, Jumat kemarin. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Minggu (14/2/2021).

“Dari 22 orang yang di-swab, hasilnya sudah keluar yakni tiga orang pengunjung bioskop yang dinyatakan positif Covid-19,” kata Harisson.

Tiga pengunjung bioskop yang dinyatakan positif Covid-19 itu merupakan warga Pontianak. Ketiganya kata Harisson, saat ini sedang melakukan isolasi mandiri lantaran cycle threshold (CT) yang bersangkutan terbilang rendah dan merupakan kasus asimtomatik atau tanpa gejala.

“Kita mengingatkan untuk penonton lain bahwa berdasarkan hasil swab PCR yang kita ambil pada satu teater saja persentasenya sebanyak 13 persen dari penonton ini positif Covid-19,” ingatnya.

Dikatakan Harisson, masyarakat harus memahami bahwa bioskop memiliki potensi yang tinggi terjadinya penularan Covid-19. Lantaran ruangan bioskop merupakan ruangan tertutup. Sehingga sirkulsi udaranya tidak bagus.

“Apalagi kalau ada penonton yang masuk terus membuka maskernya lalu dia batuk ataupun bersin dan menyentuh kursi, setelah itu diduduki oleh orang lain lagi. Itu akan berpotensi menularkan virus,” kata dia.

Dia pun mengingatkan pengelola bioskop untuk terus memperhatikan protokol kesehatan. Hal ini penting lantaran dari pemeriksaan yang dilakukan pihaknya terhadap para penonton di satu teater saja ditemukan tiga kasus positif dari 22 orang yang dilakukan pemeriksaan swab.

“Jadi harus disiplin mengawasi penonton supaya tidak menularkan virus terhadap penonton lainnya. Lalu untuk penyemprotan disinfektan harus dilakukan setelah dan sebelum menonton. Jadi tidak boleh ditunda,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Satgas Covid-19 Kalimantan Barat melakukan pemeriksaan swab PCR secara acak terhadap 22 orang dari total 39 penonton bioskop dalam satu teater, Jumat kemarin. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui berapa banyak dari pengunjung bioskop yang sebenarnya merupakan kasus konfirmasi Covid-19.

“Kalau memang nanti ada kasus konfirmasi covid-19, misalnya ada 10 persen atau 15 persen, kita akan ungkapkan ke masyarakat bahwa di pengunjung bioskop itu ternyata ada kasus konfirmasi Covid-19,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson saat diwawancarai wartawan, Jumat (12/2/2021).

Comment

Terbaru