Tidak Ada Kemacetan Lalu Lintas Arus Balik Imlek

KalbarOnline.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono memastikan arus balik libur Imlek 2021 berjalan lancar. Tidak terjadi kemacetan, dan protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik.

“Saya cek rest area Km 62 terpantau bahwa rest area kapasitas yang kita rekomendasikan tetep 50 persen. Kita lihat sama-sama situasi di sini terkendali, bagus,” kata Istiono kepada wartawan, Senin (16/2).

Dari aspek lalu lintas, Istiono memastika tidak ada kemacetan dari arah Jawa Tengah dan Jawa Barat menuju Jakarta. Arus kendaraan tergolong ramai lancar.

“Lita koordinasi dengan Jasa Marga bahwa masih ada kendaraan yang tinggal di Jawa Tengah, Jawa Barat sekitar dua ribu,” imbuhnya.

Baca Juga :  Bamsoet Bantah Usulkan Kepemilikan Senpi untuk Masyarakat

Mantan Kapolda Bangka Belitung itu mengatakan, kepadatan kendaraan hanya terjadi di ruas Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) yang mengalami amblas. Sebab, sampai saat ini proses perbaikan masih berjalan. Untuk mengurai kepadatan, Korlantas memberlakukan contra flow.

“Yang perlu diwaspadai juga jalur di KM 130-136 itu juga jalannya rusak. Namun demikian untuk hati-hati melewati jalan tersebut. Tetap kita kelola dengan baik supaya semua pengguna jalan lancar melewati jalan tersebut,” jelas Istiono.

Sebelumnya, sebanyak 114.110 kendaraan tercatat menuju wilayah Jabotabek pada hari pertama arus balik libur Tahun Baru Imlek pada Sabtu, 13 Februari 2021. PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat total volume lalu lintas (lalin) yang menuju Jabotabek ini turun 10,6 persen jika dibandingkan lalin normal.

Baca Juga :  Indonesia Siap Berkolaborasi Wujudkan Ekosistem Halal Global

Jasa Marga memprediksi, puncak arus balik menuju Jabotabek dalam rangka libur Tahun Baru Imlek terjadi pada Minggu (14/2). Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta mencapai 154.079 kendaraan.

Heru menuturkan, distribusi lalu lintas menuju Jabotabek dari ketiga arah itu mayoritas sebanyak 47,0 persen dari arah Timur, 31,9 persen dari arah Barat, dan 21,0 persen dari arah Selatan.

Comment