Gunakan Fitur Keamanan Facebook dan Instagram Hindari Penipuan

Pernah dapat email yang mengaku dari Facebook dan meminta informasi pribadi kamu, seperti nama akun dan kata sandi? Atau menerima email dari Instagram yang mengklaim bahwa akun kamu akan dilarang atau dihapus jika kamu tidak mengikuti arahan mereka? Waspadalah! Bisa jadi itu adalah serangan phishing atau penipuan untuk mendapatkan informasi pribadimu.

Phising merupakan salah satu bentuk serangan siber, yaitu ketika seseorang berpura-pura menjadi orang lain, dan berusaha mengelabui, hingga korban menyerahkan informasi pribadi. Dalam kasus ini, penipu biasanya akan mengirimkan email yang seolah-olah berasal dari Facebook atau Instagram dengan menyertakan logo, sehingga sulit bagi sebagian orang untuk mengidentifikasi email asli dan email palsu.

Sebagai platform media sosial yang digunakan untuk terhubung dengan teman, keluarga, serta komunitas, Facebook dan Instagram senantiasa mengembangkan fitur-fitur yang dapat membantu orang untuk tetap aman dan nyaman di platform kami. Jadi, langkah apa yang dapat dilakukan untuk melindungi diri kamu dari aksi tipu daya phishing di Facebook dan Instagram?

Baca Juga :  Kominfo Gandeng Operator Hadirkan Aplikasi Pelacak Covid-19

Facebook

Apabila kamu pernah menerima email yang mengaku dari Facebook, kamu bisa mengonfirmasi kebenarannya dengan memeriksa email terbaru yang dikirimkan oleh Facebook melalui langkah-langkah mudah berikut ini:

  • Buka aplikasi Facebook di ponselmu
  • Klik ikon di kanan bawah aplikasi Facebook.
  • Gulir (scroll) ke bagian bawah menu dan pilih Pengaturan & Privasi > Pengaturan > Keamanan dan Login. Gulir (scroll) ke bagian bawah menu, cari menu Tingkat Lanjut > Lihat email terbaru dari Facebook.
  • Pada menu ini, Facebook akan menampilkan email terbaru tentang keamanan akun (seperti permintaan untuk mengubah kata sandi) dalam dua minggu terakhir di tab Keamanan, sedangkan email terbaru lainnya yang dikirim oleh Facebook dapat dilihat di tab Email Lainnya.

Hindari mengklik tautan dalam email yang mengaku dari Facebook sebelum kami memeriksa kebenarannya melalui tahapan di atas.

Baca Juga :  Karyawan Facebook Dizinkan WFH Sampai Tahun Depan, Plus Dapat Bonus

Instagram

Untuk membantu mengidentifikasi email phishing dan spam, kamu bisa melihat email resmi dari Instagram yang dikirim dalam 14 hari terakhir pada menu Pengaturan. Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat email yang dikirim oleh Instagram:

  • Buka aplikasi Instagram di ponselmu
  • Klik ikon , lalu klik ikon di kanan atas aplikasi Instagram
  • Pilih Pengaturan > Keamanan
  • Pilih Email dari Instagram

Pada menu ini, Instagram akan menampilkan email terbaru tentang keamanan akun (seperti permintaan untuk mengubah kata sandi) dalam dua minggu terakhir di tab Keamanan, sedangkan email terbaru lainnya yang dikirim oleh Instagram dapat dilihat di tab Email Lainnya. Selain itu, pesan Instagram resmi terkait keamanan akun hanya akan dikirim ke alamat email kamu, dan tidak akan dikirim melalui Pesan Direct.

The post Gunakan Fitur Keamanan Facebook dan Instagram Hindari Penipuan appeared first on KalbarOnline.com.

Comment