Galeri dan Jogging Track Percantik Hutan Kota Komplek Pendopo Gubernur

Galeri dan Jogging Track Percantik Hutan Kota Komplek Pendopo Gubernur

Wadah promosi hasil hutan dan edukasi gambaran hutan Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bakal membangun sebuah galeri di Hutan Kota komplek Pendopo Gubernur Kalbar. Pembangunan tersebut pun mendapat dukungan penuh dari Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji.

Galeri yang akan dibangun itu diproyeksikan menjadi wadah promosi hasil-hasil hutan Kalbar sekaligus sebagai wadah edukasi bagi masyarakat mengenai gambaran hutan yang ada di Kalbar.

“Ini ada dana dari KLHK untuk membangun galeri hasil-hasil hutan di Kalbar. Saya minta dibangun area ini saja, supaya hutan kota di Pendopo Gubernur bisa dipelihara juga,” ujar Gubernur Kalbar, Sutarmidji saat diwawancarai usai meninjau hutan kota di komplek Pendopo Gubernur Kalbar, Minggu kemarin.

Ia pun berharap, hutan seluas 2,3 hektar itu nantinya juga akan dilengkapi dengan lintasan jogging yang akan dibuka untuk umum. Sehingga dengan dibangunnya galeri tersebut diharapkan dapat mempercantik tampilan hutan tersebut supaya menjadi lebih rapi.

Baca Juga :  Maria Lestari Komitmen Dukung Program Gubernur Kalbar

Jogging track-nya mau ditata. Tanamannya ditambah lagi supaya semakin rindang. Supaya lebih rapi dan nyaman dilihat mata,” ucapnya.

Ia pun mengungkapkan bahwa anggaran yang digunakan untuk membangun galeri tersebut bersumber dari APBN. Bukan dari APBD.

“Saya kalau APBN masuk ke Kalbar, dia (pusat) mau buat apa terserah saja. Pokoknya saya sudah izinkan bangun (galeri) di area ini saja. Soal targetnya kapan (rampung), tak tahu,” tandasnya.

Hal senada turut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutan Provinsi Kalbar, Adi Yani. Ia mengatakan, galeri yang akan dibangun di hutan kota komplek Pendopo Gubernur Kalbar itu diprojeksikan sebagai wadah promosi dan edukasi mengenai gambaran hutan-hutan di Kalbar.

“Masyarakat mempunyai penghasilan yang namanya hasil hutan bukan kayu di antaranya damar, madu, tanaman-tanaman hutan. Semua produk yang dihasilkan oleh masyarakat ini harus dibantu untuk dipromosikan. Makanya kita siapkan wadah, salah satunya galeri ini. Nanti semua produk kita tempatkan di galeri ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Polda Kalbar Ungkap Kasus TPPO dan PMI Illegal, Ini Penjelasan Kapolda

Selain sebagai wadah promosi produk hasil hutan, galeri tersebut juga akan dijadikan wadah untuk mengedukasi masyarakat mengenai hutan-hutan Kalbar.

“Aapa sih hutan, apa sih yang ada dalam hutan, maka dengan adanya galeri ini kita inginkan masyarakat bisa melihat hutan Kalbar seperti apa, nanti disini akan kita siapkan foto-foto hutan yang ada di Kalbar, tempat ekowisata berkenaan dengan hutan yang ada di Kalbar. Jadi harus ada tempat edukasi, inilah kemauan Pak Gubernur,” jelasnya.

Adi Yani pun menjelaskan bahwa pembangunan galeri tersebut bersumber dari dana Asian Development Bank melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan senilai Rp1,4 miliar.

“Sudah ACC, tinggal pembangunan tahun ini, jogging tracknya mungkin pakai dana Bagi Hasil Dana Reboisasi (DBH DR). Nanti itu juga mengikutilah pembangunan (joging track) itu. Satu tahun ini harus selesai,” pungkasnya.

Comment