Tragis, Unggulan 6 dan Eks No 1 Dunia Sudah Tersisih di Ronde Ketiga

KalbarOnline.com – Satu per satu unggulan tunggal putri Australia Terbuka bertumbangan. Setelah juara bertahan Sofia Kenin pulang di babak kedua, kemarin (13/2) giliran unggulan keenam Karolina Pliskova yang tersingkir di babak ketiga (32 besar).

Mantan ranking pertama dunia tersebut tumbang di tangan rekan senegaranya, Karolina Muchova. Petenis Republik Ceko itu kalah dua set langsung 5-7, 5-7 di Rod Laver Arena.

Hasil tersebut sekaligus membuat Pliskova selalu tumbang di babak 32 besar Australia Terbuka dalam dua musim terakhir. ’’Rasanya memang tidak nyaman sejak pertama,’’ keluh Pliskova yang dilansir ESPN. ’’Terlalu banyak kesalahan yang aku buat.

Aku juga terlalu panik saat melakukan reli. Mungkin ini efek tidak banyak pertandingan beberapa bulan terakhir. Aku selalu merasa tidak aman selama di lapangan,’’ lanjut petenis berusia 28 tahun itu.

Baca Juga :  Ranking 3 Dunia, Tim Indonesia Langsung Lolos ke Piala Sudirman 2021

Bagi Muchova, kemenangan tersebut sangat spesial. Hasil itu membuat petenis ranking ke-27 dunia itu menorehkan catatan istimewa. Yakni, untuk kali pertama melaju ke babak 16 besar Australia Terbuka.

Capaian terbaiknya di Melbourne Park sebelumnya adalah babak kedua. Capaian itu dia raih tahun lalu. Sepanjang karir, raihan terbaik petenis 24 tahun tersebut di ajang mayor adalah mencapai babak perempat final Wimbledon pada 2019.

Dari tunggal putra, ada kabar kurang baik dari ranking pertama dunia Novak Djokovic.

Setelah memenangi pertandingan babak ketiga melawan petenis Amerika Serikat (AS) Taylor Fritz 7-6 (1), 6-4, 3-6, 4-6, 6-2, Djokovic tiba-tiba mengalami cedera robek otot pada perut. Cedera itu membuat Djokovic harus menahan nyeri sejak pertengahan pertandingan.

Baca Juga :  Dibantai Rafael Nadal di Final, Novak Djokovic: Dia Fenomenal

Djokovic sempat mendapat perawatan medis di area perut bagian kanan pada pertengahan set ketiga. Dia kesakitan setelah terpeleset saat berusaha melakukan gerakan lari berubah arah di area baseline.

Baca Juga: Target yang Tak Bisa Ditawar Ganda No 2 Indonesia: Menembus Final

’’Sepertinya ini robekan pada otot. Entahlah apa kondisiku bisa lebih baik dalam waktu kurang dari dua hari,’’ ucap Djokovic. ’’Aku belum tahu apakah masih bisa kembali ke lapangan atau tidak,’’ tambah petenis asal Serbia tersebut.

Di babak 16 besar, Djokovic akan meladeni tantangan dari petenis Kanada unggulan ke-14 Milos Raonic.

Comment