Categories: Internasional

Langgar Aturan, Tiongkok Tegas, Televisi BBC World News Diblokir

KalbarOnline.com – BBC World News tak bisa lagi diakses di Tiongkok. Jaringan televisi yang berbasis di Inggris itu telah diblokir pemerintah Tiongkok dengan tuduhan melanggar aturan. Gara-garanya, siaran hasil investigasi tentang perlakuan negara yang dipimpin Presiden Xi Jinping itu kepada minoritas Uighur di Xinjiang serta pandemi Covid-19.

Lembaga Administrasi Radio dan Televisi Nasional Tiongkok menyatakan, laporan BBC World News tentang negara mereka telah melanggar pedoman penyiaran. Di antaranya, berita harus dibuat dengan cara jujur dan adil serta tak merugikan kepentingan nasional Tiongkok.

’’Kami tidak mengizinkan BBC World News melanjutkan siaran di Tiongkok,’’ bunyi pernyataan lembaga tersebut pada Kamis (11/2) seperti dikutip Agence France-Presse. Mereka juga tak akan menerima pengajuan izin siaran tahunan baru dari BBC World News.

BBC yang merupakan induk perusahaan menyatakan kekecewaannya. Sebab, sebelumnya pemberitaan mereka disensor dan hanya dibatasi di hotel-hotel internasional. Juru bicara BBC menegaskan bahwa pihaknya adalah lembaga penyiaran berita internasional yang paling tepercaya di dunia. BBC telah melaporkan berita-berita dari seluruh dunia secara adil.

Menlu Inggris Dominic Raab menyebut keputusan Tiongkok tak bisa diterima. ’’Langkah terbaru ini hanya akan merusak reputasi Tiongkok di mata dunia,’’ tegasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Nasdem Apresiasi dan Dukung Fachri Maju Calon Bupati Kubu Raya

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kalimantan Barat (Kalbar),…

4 hours ago

Hardiknas Jadi Momentum Siapkan Generasi Emas

KalbarOnline, Pontianak - Berbagai kegiatan dihelat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka…

6 hours ago

PWI Jajaki Kerja Sama dengan Mendagri, Sosialisasikan Pilkada Damai

KalbarOnline, Jakarta - Pengurus PWI Pusat melakukan audiensi dengan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, di…

6 hours ago

Pemkab Ketapang Selenggarakan Upacara Peringatan Hardiknas 2024

KalbarOnline, Ketapang - Bupati Ketapang yang diwakili Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Heryandi memimpin…

6 hours ago

Dukung Perubahan Status Supadio, Harisson Ungkap Beberapa Alasan

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson memastikan mendukung kebijakan Kementerian Perhubungan…

15 hours ago

Oknum Pegawai Bea Cukai Ketapang Selundupkan Ratusan Satwa Dilindungi

KalbarOnline, Ketapang - Oknum pegawai Bea Cukai Ketapang, Kalimantan Barat berinisial KW (46 tahun) menjadi…

19 hours ago