Arloji Pintar Realme Watch S, Ekonomis tapi Kaya Fitur

KalbarOnline.com – Realme di Indonesia mulai mengumumkan kesiapannya masuk ke sektor bisnis lain selain menjual smartphone pada Juni 2020. Perangkat terkoneksi internet atau Internet of Things (IoT) dikonfirmasi akan mulai banyak masuk mulai 2020 termasuk earphone nirkabel, gelang pintar atau smart band, sampai smartwatch atau arloji pintar.

Realme merealisasikan rencananya itu dengan membesut smart band pertamanya pada akhir April 2020 lalu. Setelahnya, melanjutkan strateginya yang mulai merangsek masuk ke pasar perangkat IoT, Realme resmi membawa smartwatch perdananya yang disebut Realme Watch dan kini berlanjut ke Realme Watch S dan Watch S Pro yang belum lama dihadirkan.

Realme Watch S sendiri sempat dipamerkan di ajang IFA 2020 Berlin dan kemudian hadir ke pasar Indonesia pada November lalu. Realme Watch S kurang lebih mirip dan menjadi awal dari perangkat Watch S Pro.

Baca juga: Realme Watch S Pro, Makin Tangguh dan Serba Bisa

Berikut ulasan performa smartwatch ekonomis dari Realme:

Desain
Dari segi desain, perangkat smartwatch ini hadir dengan faktor bentuk yang familiar. Bentuk dan desain pokok arloji pintar dengan jargon “Smarter Round the Clock” ini hadir berbentuk bulat. Desain ini juga banyak dipakai para pembuat smartwatch kompetitor seperti Samsung, Huawei dan banyak lagi.

Realme Watch S yang hadir diklaim sebagai perangkat penunjang asisten kesehatan terbaik di segmen Rp 1 jutaan ini hadir dengan layar sentuh berwana yang besar dengan ukuran 1,3 inci dengan resolusi 360 x 360pixel (278 PPI) yang menampilkan visual cukup jelas dan nyata dengan fitur kecerahan otomatis yang sangat berguna. Dari sisi desain, Realme Watch S juga hadir dengan balutan casing bermaterial alumunium campuran yang kokoh namun trendi dengan hadirnya dua buah tombol fisik untuk kontrol perangkat.

Baca Juga :  Apple Patenkan Desain Engsel yang Unik, Kemungkinan Buat IPhone Lipat

Realme Watch S juga sudah mendukung fitur kecerahan otomatis, berkat sensor cahaya sekitar, layar dapat menyesuaikan kecerahan antara lima level, dan kecerahan puncak dapat mencapai hingga 600 nits. Berdasarkan pengujian kami, ini adalah faktor yang membuat tampilan lebih baik dari pada kebanyakan smartphone.

Permukaan layarnya menggunakan 2.5D Corning Gorilla Glass 3 yang dipadukan dengan frame bulat. Di bagian wajah arloji, Realme memberikan sentuhan desain visual berupa angka-angka fisik ala arloji konvensional yang semakin menambah gaya pada perangkat ini.

Layar dari Realme Watch S mampu memberikan sentuhan yang mulus dan nyaman. Sentuhannya juga responsif dan ini memungkinkan pengguna mengontrol jam tangan dengan mudah kendati dipakai konsumen dengan “size lebih” yang memiliki lingkar pergelangan tangan dan ukuran jari-jari yang besar.

Dalam paket penjualan, smartwatch ini hadir dengan aksesori lain berupa dock charger magnetik ditambah dengan buku panduan dan kartu garansi. Boks atau kotak penjualannya sendiri masih berbentuk persegi panjang dan berwarna kuning cerah persis seperti kotak penjualan smartphone Realme kebanyakan dan perangkat Realme Watch terdahulu.

Baca Juga :  RealmexTheComment Jadi Acara Perdana Kembali Siaran The Comment

Jam tangan pintar ini secara dimensi hadir dengan ukuran Size: 259,5 x 47 x 12 mm dengan bobot keseluruhan hanya 48 gram saja. Angka-angka tersebut menurut kami sudah ideal untuk ukuran sebuah smartwatch terlebih sebagai perangkat asisten kesehatan personal.

Spesifikasi
Arloji pintar ini untuk mendukung performa harian penggunanya hadir dengan sokongan baterai 390 mAh, hampir dua kali lebih besar dari ukuran baterai perangkat smartwatch pertama mereka yakni Realme Watch yang juga pernah kami ulas yang hanya memiliki ukuran 160 mAh saja.

Dengan ukuran baterai segitu pada sebuah perangkat arloji pintar, mampu bertahan dalam masa pakai hingga 15 hari penggunaan dengan berbagai fitur di dalamnya aktif dan terkoneksi smartphone menggunakan aplikasi cerdas pendaming Realme Link.

Spesifikasi lainnya dari perangkat jam tangan pintar Realme ini adalah 3-axis accelerometer, Heart rate sensor, Rotor Vibration motor sampai ketahanan air hingga kedalaman 1,5 meter dengan sertifikasi IP68 (1,5 meter kedalaman air) Water Resistance Rating. Selain itu, untuk kebutuhan koneksi, jam pintar ini sudah dibekali dengan teknologi Bluetooth 5.0, Realme Link APP dan berjalan pada sistem operasi (OS) Android 5.0+.

Comment