Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto Terpilih Sebagai Ketua Apeksi Periode 2021–2024

KalbarOnline.com — Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) periode 2021–2024. Bima Arya terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Nasional Apeksi yang diselenggarakan di Plataran Senayan, Jakarta, Kamis (11/2).

Usai terpilih dan mendapat ucapan selamat dari para anggota Apeksi yang hadir secara langsung maupun secara daring atau online, Bima Arya kemudian dikukuhkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang hadir secara daring, sebagai Ketua Dewan Pengurus Apeksi periode 2021–2024.

Munas IV Apeksi dibuka Presiden Joko Widodo yang hadir secara daring dari Istana Negara, Jakarta, Kamis (11/2) pagi dan dihadiri sekitar secara langsung oleh sekitar 40 wali kota dari 98 wali kota anggota Apeksi. Munas berlangsung relatif cepat.

Baca Juga :  Jokowi Minta Vaksin Covid Tidak Tergesa-gesa Diberikan ke Masyarakat

Pada pemilihan pengurus baru, sempat muncul tiga nama kandidat ketua Dewan Pengurus Apeksi. Yakni Wali Kota Bogor, Wali Kota Gorontalo, dan Wali Kota Jambi. Namun forum kemudian menyetujui Wali Kota Bogor Bima Arya secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Pengurus Apeksi.

Pada kepengurusan Apeksi periode 2016–2020, Bima Arya duduk sebagai anggota dewan pengawas bersama enam wali kota lainnya.

Baca Juga :  Pemprov DKI Jakarta Tetap Berlakukan Belajar dari Rumah untuk Seluruh Sekolah pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021

Ketua Apeksi periode 2016–2020, Airin Rachmi Diany pada pembukaan Munas IV Apeksi mengatakan, Munas Apeksi IV itu, semula dijadwalkan dilaksanakan pada Juni 2020 di Tangerang Selatan. Namun karena ada pandemi Covid-19 menjadi tertunda dan baru terlaksana pada hari ini (11/2).

Airin menegaskan, Munas Apeksi tetap harus dilaksanakan. Sebab, sesuai amanah AD/ART Apeksi ada periodesasi kepengurusan. Pengurus periode 2016–2020 itu sudah berakhir masa jabatannya. Pertimbangan lain, kata dia, ada beberapa pengurus yang masa jabatannya sebagai wali kota sudah berakhir. (ind)

Comment